Sukses

Pelanggan Kereta Api Bisa Cetak Tiket Sendiri

PT KAI mengeluarkan inovasi baru berupa layanan cetak mandiri tiket. Bagaimana teknisnya?

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) hari ini meresmikan layanan cetak tiket mandiri. Layanan ini diharapkan akan mengurangi antrean penukaran tiket di beberapa stasiun kereta api.

"Kalau beli di minimarket atau lewat online tinggal cetak sendiri dengan memasukkan kode bookingnya saja, tidak perlu di loket penukaran," kata Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito saat ditemui di Stasiun Gambir, Senin (24/2/2014).

Rencananya, layanan pencetakan tiket mandiri ini akan mulai beroperasi pada pukul 05.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB. Meski sudah ada teknologi layanan tiket mandiri, perusahaan masih membuka pelayanan penukaran tiket.

"Kereta kan kalau dari sini paling malam jam setengah 10 malam, jadi kalau mau cetak sendiri ya sebelum jam 8 malam harus sudah di lokasi," tegas Wimbo.

Dijelaskannya, cara pencetakan tiket dilakukan setelah calon penumpang melakukan pemesanan melalui online. Tiket online ini bisa diperoleh melalui website resmi PT KAI, agen-agen resmi, maupun mini market yang telah bekerjasama dengan PT KAI.

Usai pemesanan dan pembayaran, calon penumpang akan mendapatkan kode booking yang dikirim melalui e-mail dan nomor telepon. Pencetakan dilakukan dengan memasukkan kode booking tersebut ke menu yang tersedia di tempat pencetakan tiket mandiri dan dilanjutkan memasukkan nomer identitas (KTP/SIM/Pasport).

"Ini sudah kami uji coba sebulan lalu, dan hasilnya masyarakat antusias banget," tegasnya.

PT KAI rencananya baru akan menyediakan layanan pencetakan tiket mandiri di beberapa stasiun seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Kota (Jakarta).

Selain di wilayah Jabodetabek, layanan cetak mandiri tiket ini akan disediakan di Stasiun Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Tugu dan Lempuyangan (Yogyakarta), Madiun, Kediri, Pasar Turi dan Gubeng (Surabaya), Jember dan Banyuwangi.

Sementara untuk wiulayah luar pulau jawa juga terdapat di Stasiun Medan, Palembang, dan Lampung.(Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.