Sukses

Bank Mandiri Kini Kuasai Perusahaan Asuransi Milik PT Askes

PT Bank Mandiri Tbk (Persero) mengakuisisi 80% saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri Tbk (Persero) mengakuisisi 80% saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia, anak usaha PT Askes (Persero) yang telah berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan,  langkah akuisisi tersebut merupakan hasil dari kesepakatan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

"Persetujuan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA), antara Bank Mandiri, Kimia Farma dan Asuransi Jasa Indonesia," kata Budi, di kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (27/2/2014).

Sesuai kesepakatan CSPA, proses akuisisi InHealth akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama Bank Mandiri akan mengakuisisi 60% saham, Kimia Farma dan Jasindo masing-masing 10% saham, sementara Askes akan tetap menguasai 20% saham.

Untuk tahap kedua, Bank Mandiri akan membeli 20% saham Askes di InHealth paling lambat dilakukan pada akhir tahun ini. Budi pun optimis aksi korporasi ini dapat menghasilkan sinergi BUMN yang positif untuk menjadikan perusahaan pemain utama asuransi kesehatan.

"Kami positif peralihan kepemilikan ini akan memberikan nafas baru bagi Inhelath untuk memperkuat bisnis melalui dukungan jaringan distribusi dan costumer base yang dimiliki Bank Mandiri dan Jasindo serta layanan kesehatan milik Kimia Farma," tuturnya.

Budi menambahkan, kehadiran InHealth juga akan semakin memperkuat integrasi bisnis Bank Mandiri dengan anak perusahaan yang kini terus tumbuh. Sampai akhir 2013 Bank Mandiri telah memiliki tujuh anak usaha dengan total aset mencapai Rp 49,3 triliun.

"Sementara kontribusi anak perusahaan dalam laba bersih Bank Mandiri melaju dari Rp 401 miliar di 2009 menjadi Rp 2,04 triliun," pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.