Sukses

Geser Moskow, Kota Ini Jadi Sarang Miliarder Dunia

Untuk pertama kalinya, New York sukses meraih gelar sebagai kota hunian dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia.

Liputan6.com, New York Untuk pertama kalinya, New York sukses meraih gelar sebagai kota hunian dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Berdasarkan laporan terbaru dari lembaga pengamat kekayaan di China, Hurun, New York berhasil menggeser Moskow yang sebelumnya menampung jumlah miliarder terbanyak di dunia.

Seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (27/2/2014), dari daftar kekayaan global yang dirilis Hurun terdapat 14 miliarder baru yang menetap di New York tahun ini. Dengan tambahan populasi tersebut, New York saat ini dihuni 84 konglomerat super kaya yang masing-masing memiliki kekayaan di atas US$ 1 miliar.

Selama ini, prestasi Amerika Serikat sebagai pencetak miliarder terbanyak di dunia memang belum terbantahkan. Meski menjadi negeri hunian 481 miliarder, kota dengan populasi konglomerat terbanyak ternyata tidak berasal dari AS.

Hingga tahun lalu, dengan jumlah 76 orang, Moskow berhasil berada di posisi puncak sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Namun tahun ini, Moskow hanya berhasil menambah satu miliarder yang menggesernya ke posisi kedua.

Sementara New York yang tahun lalu berada di posisi kedua dengan jumlah penduduk super kaya sebanyak 70 orang kini berhasil menempati posisi pertama. Sementara secara regional, Asia menjadi kawasan dengan populasi miliarder terbanyak dunia.

Berikut 10 kota yang dihuni paling banyak miliarder di dunia:

1. New York, AS

Jumlah miliarder: 84 orang

 

2. Moskow, Rusia

Jumlah miliarder: 77 orang

 

3. Hong Kong

Jumlah miliarder: 65 orang

 

4. Beijing, China

Jumlah miliarder: 57 orang

 

5. London, Inggris

Jumlah miliarder: 49 orang

 

6. Mumbai, India

Jumlah miliarder: 33 orang

 

7. Istanbul, Turki

Jumlah miliarder: 28 orang

 

8. Taipei, Taiwan

Jumlah miliarder: 28 orang

 

9. Paris, Prancis

Jumlah miliarder: 27

 

10. Seoul, Korea Selatan

Jumlah miliarder: 27

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.