Sukses

RI Bangun 69 SPBG Tahun Ini

Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akan menambah 69 SPBG di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akan menambah puluhan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di seluruh Indonesia. Sebanyak lebih dari 20 SPBG bakal berdiri di Kota Jakarta.

"Nantinya akan terbangun 69 unit SPBG dari sekitar 20 unit SPBG saat ini. Itu target sampai dengan akhir 2014," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa usai Rakor Energi di kantornya, Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Dari jumlah itu, tambah dia, sekitar lebih dari 20 SPBG akan berada di Jabodetabek. Saat ini, SPBG yang tersebar di kawasan ini baru delapan unit SPBG.

"Makanya kami dorong pihak swasta ikut serta dalam pembangunan SPBG, selain dari Pertamina dan PGN. Supaya mempercepat program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG)," ucapnya.

Di sisi lain, Hatta mengaku, tak ada perubahan konsep konversi gas sebelumnya. Meski pengadaan alat konversi, seperti konverter kit masih mengalami kendala, namun pemerintah tetap akan berjuang untuk menyukseskan program tersebut.

"Kemarin memang terlambat dalam pengadaan konverter kit. Maka dari itu kami dorong supaya ada insentif harga gas yang lebih murah dan menjaga IRR untuk swasta sebab pengadaan konverter kit juga tidak seluamnya menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.