Sukses

BI: Inflasi Februari di Bawah 0,5%

Hingga pekan ketiga Februari 2014, laju inflasi bulan berada di level 0,28%

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Februari 2014 akan berada di bawah 0,5%. Pencapaian ini jauh lebih rendah dibandingkan inflasi pada awal tahun lalu yang sempat menyentuh level 1,07%.

"Inflasi bulan ini agak rendah, akan di bawah 0,5% mounth to mounth nya, jadi 7,8% year on year nya," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat ditemui di kompleks Bank Indonesia (BI), Jumat (28/2/2014).

Perry menjelaskan, penurunan inflasi pada bulan ini dipicu harga bahan pangan yang lebih terkendali. Hal ini menandakan banjir yang melanda sejumlah kota beberapa waktu lalu, belum mempengaruhi laju inflasi.

Sebagai regulator yang turut serta dalam pengendalian Inflasi, BI menjamin institusinya senantiasa menggelar survei kondisi pasar Indonesia.

Berdasarkan hasil survei di pekan ketiga Februari, angka inflasi berada di angka 0,28%. BI memperkirakan hingga akhir bulan ini, laju inflasi Februari akan tetap rendah bahkan di bawah 0,5%.

"Kalau minggu ketiganya seperti itu, kemungkinan besar nantinya malah bisa dibawah 0,5%," katanya.

BI mengaku, laju inflasi tahunan yang mencapai 7,8% sudah sesuai perkiraan. Mengikuti pola tahunannya, inflasi memang kerap kali tinggi di awal tahun dan cenderung menurun hingga mencapai Maret setiap tahunnya.

"Kami perkirakan memang akan dibawah 8%, jadi ekspektasi inflasi memang benar-benar terkendali," katanya. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini