Sukses

3 PLTA Baru di Jabar Bantu PLN Berhemat Rp 1,5 Triliun

Saat ini Jabar memiliki beberapa PLTA antara lain PLTA Dago dan PLTA Bengkok.

Liputan6.com, Bandung Pembangunan tiga unit pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang dilakukan PT Indonesia Power akan memberikan penghematan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) hingga Rp 15 triliun.

Ketiga PLTA tersebut yakni PLTA Jatiluhur berkapasitas 180 mega watt (MW), PLTA Saguling berkapasitas 700 MW, dan PLTA Cirata berkapasitas 100 MW.

"Tiga PLTA ini bisa menghemat BBM hingga 1,5 juta ton per tahun," jelas General Manager Unit Bisnis Pembangkit PLTA Saguling PT Indonesia Power Del Eviondra saat Media Gathering PLN di Bandung, Jumat (28/2/2014).

Dia mengatakan pembangunan pembangkit tersebut untuk memenuhi kebutuhan energi khususnya di Jawa dan Bali serta wilayah lain. Pembangkit ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang lain seperti perikanan, konservasi dan lainnya.

Pembangunan ketiga pembangkit tersebut akan menambah jumlah pembangkit ramah lingkungan milik PLN yang dikelola khususnya di Jawa Barat (Jabar).

Saat ini Jabar memiliki beberapa PLTA antara lain PLTA Dago dan PLTA Bengkok. Keduanya memang memiliki kapasitas terbilang kecil hanya 3,15 MW

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.