Sukses

PLN Sewa Pembangkit untuk Listriki Bandara Kualanamu

PT PLN (Persero) berencana menyewa permbangkit listrik tenaga diesel (PLTD) untuk memasok listrik untuk Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Bandung PT PLN (Persero) berencana menyewa permbangkit listrik tenaga diesel (PLTD) untuk memasok listrik untuk Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Kapasitas pembangkit yang akan disewa sebesar 30 megawatt (MW) sesuai kebutuhan listrik Bandara terbesar di Sumatera tersebut.

PLN kini tengah bernegosiasi dengan PT Pertamina (Persero) terkait pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk tersebut. "Kebutuhan BBM sekitar 10 liter per jam," jelas Kepala Divisi BBM dan Gas PT PLN Suryadi Mardjoeki di Bandung, seperti ditulis Sabtu (1/3/2014).

Penyewaan PLTD ini untuk menjamin kepastian pasokan listrik di Bandara Kualanamu. Seperti diketahui hingga kini, wilayah Sumatera Utara masih mengalami kekurangan pasokan listrik.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PLN Adi Supriyanto mengakui pasokan listrik bagi wilayah Sumatera Utara terbilang pas-pasan. Itu karena masih kurangnya ketersediaan pembangkit di wilayah ini.

Dia mengaku beberapa pembangkit yang seharusnya sudah bisa beroperasi dan mampu menyelesaikan kekurangan listrik di Sumut ternyata tak berjalan sesuai target. Pembangkit tersebut seperti pembangkit di Ogan Raya dan Pangkalan Susu.

Meski demikian, dia memastikan PLN akan tetap berupaya memasok listrik untuk wilayah Sumatera Utara termasuk Bandara Kualanamu. Itu mengingat fasilitas bandara ini merupakan saran vital karena terkait angkutan udara penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini