Sukses

Pakai Kereta Shinkansen, Jakarta-Bandung Lebih Cepat daripada ke Bintaro

Sementara rute Jakarta-Surabaya hanya akan memakan waktu selama 2,5 jam.

Liputan6.com, Jakarta Pakai Kereta Shinkansen, Jakarta-Bandung Bisa Lebih Cepat Daripada Ke Bintaro

Meski baru tahap studi kelayakan (feasibility studi/FS), rencana pembangunan kereta api super cepat Shinkansen diklaim akan lebih nyaman ketimbang moda transportasi udara.

Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Lucky Eko Wuryanto mengungkapkan, masyarakat lebih menikmati perjalanan untuk jarak dekat seperti Jakarta-Bandung dan jarak menengah seperti Jakarta-Surabaya menggunakan kereta.

"Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Bandung lebih enak ditempuh naik kereta ketimbang pesawat. Bahkan naik Shinkansen rute ke Bandung cuma ditempuh 37 menit, malahan akan lebih dekat daripada Jakarta-Bintaro," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (2/3/2014).   

Sementara dengan menumpang kereta peluru berkecepatan 300 kilometer (km) per jam, jarak Jakarta-Surabaya sepanjang 700 km nantinya bisa cukup dilalui perjalanan selama 2,5 jam.   

Meski menawarkan waktu tempuh lebih cepat, Lucky memastikan proyek transportasi senilai Rp 150 triliun itu tidak akan merebut pasar industri penerbangan di Tanah Air.

"Lho, memang kurang pasarnya? Penduduk juga semakin bertambah, jadi jangan takut," tegasnya.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini