Sukses

850 Ribu Koin Bitcoin Raib

Jumlah bitcoin yang digondol peretas tersebut sama dengan 7% pasokan dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru muncul Situs jual beli mata uang virtual bitcoin terbesar dunia, Mt Gox. Perusahaan mengakui pundi-pundi bitcoinnya telah ludes sejak akhir pekan lalu bersamaan dengan pendaftaran kebangkrutan di Jepang.

Perusahaan menuding simpanan uang virtual bitcoin telah dirampok oleh sejumlah peretas.

"Perusahaan yakin ada kemungkinan besar bitcoin kami telah dicuri," ujar Mt Gox dalam pernyataannya seperti dikutip dari nydailynews, Minggu, (2/3/2014).

Siapapun pelakunya, perentas Mt Gox diyakini telah menggondol 850 ribu bitcoin dari sistem yang dimiliki perusahaan.

Dengan kurs US$ 565 per 1 koin, total kerugian yang ditanggung Mt Gox mencapai US$ 480 juta. Nilai itu setara 7% pasokan bitcoin di perdagangan digital dunia.

"Pertama-tama, saya ingin meminta maaf," kata CEO Mt Gox Prancis, Mark Karpeles.

Langkah pendaftaran kebangkrutan Mt Gox telah membuat kegemparan investor bitcoin selema beberapa pekan terakhir. Kericuhan ini muncul ketika perusahaan menghentikan aktivitas perdagangan sejak sebulan yang lalu.

Kala itu, perusahaan berkilang telah terjadi persoalan teknis dalam perdagangan bitcoin.

Transaksi bitcoin selama ini menggunakan sistem pengamanan unit diantara pengguna lewat akses komputer. Penjual dan pembeli dalam transaksi ini biasanya tak teridentifikasi.

Sistem ini pula yang membuat transaksi perdagangan bitcoin sangat disukai penjual narkotika, pembunuh bayaran, dan perdagangan senjata. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.