Sukses

5 Profesi Top Berupah Rendah

Jangan Anda bayangkan pelayan restoran atau buruh pabrik dalam pabrik ini. Justru 5 profesi ini menjadi paling top dan jadi idaman.

Liputan6.com, New York Bukan hal aneh jika para restoran cepat saji atau buruh pabrik menerima upah rendah atas pekerjaannya. Tapi bagaimana jadinya jika seorang profesional berpendidikan tinggi juga menerima upah di bawah standar?

Seperti dikutip dari CNN Money, Senin (3/3/2014), bukan hanya pelayan restoran yang menerima upah rendah. Bahkan profesi sekelas model saja ternyata harus terganjal upah rendah dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Padahal untuk diterima di posisinya sekarang, para profesional itu harus melalui serangkaian pendidikan dan pelatihan yang menguras uang bahkan tenaga.

Berikut lima pekerjaan profesional yang ternyata bergaji rendah:

1. Pilot

Rata-rata gaji per tahun: US$ 22.400
Rata-rata gaji per jam: US$ 10,75

Menjadi pilot untuk tujuan domestik menguras waktu, uang dan pelatihan. Para pilot penerbangan komersial diharuskan memiliki pengalaman 1.500 jam terbang.

Sementara biaya pelatihannya saja menguras biaya lebih dari US$ 100 ribu. Tapi sayang, menurut Air Line Pilots Association, gaji pilot ternyata terhitung rendah yaitu US$ 22.400 per tahun. Dengan waktu kerja 40 jam per minggu, para pekerja profesional itu hanya di bayar US$ 10,75 per jam.

2. Profesor

Rata-rata pendapatan per tahun: US$ 21.600

Para profesor juga bertugas mengajar banyak mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi. Tetapi karena Anda dianggap bukan pengajar tetap, seringkali para profesor ini hanya dibayar dengan upah minimum.

Menurut survei American Association of University Professors pada 2010, pada profesor hanya dibayar US$ 2.700 per tiga sks dalam satu semsestar. Artinya dalam setahun, para profesor hanya menghasilkan pendapatan US$ 21.600.

3. Model

Rata-rata gaji per tahun: US$ 26.110
Rata-rata gaji per jam: US$ 12,55

Dunia permodelan terdengar glamor dan mahal. Berjalan dengan gaya angkuh dan pakaian super mahal. Tapi jangan salah, para model ini ternyata tidak mendapat bayaran setinggi imajinasi Anda.

Ironis memang, berfoto dengan pakaian super mahal tetapi hanya memperoleh upah rendah untuk pekerjaannya.

4. Perawat pribadi

Rata-rata gaji per tahun: US$ 21.830
Rata-rata gaji per jam: US$ 10,49

Industri pengasuh pribadi memang telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Para pengasuh bertugas menjaga kesehatan dan kebersihan para atasannya.

Sayangnya, meski pekerjaan tersebut memerlukan tanggung jawab dan pelatihan terlebih dulu, tetapi bayaran pegawainya masih terhitung rendah. Bahkan sebuah studi yang dirilis National Domestic workers Alliance mengungkapkan, masih ada pengasuh yang dibayar dengan gaji di bawah upah minimum.

5. Asisten dokter hewan

Rata-rata gaji per tahun: US$ 31.470
Rata-rata gaji per jam: US$ 15,13

Dibutuhkan program pendidikan dan pelatihan selama dua tahun untuk bisa menjadi asisten dokter hewan. Biasanya profesi tersebut bertugas untuk mengambil sample darah hewan dan membantu operasi.

Anehnya, meski pekerjaan ini menuntut keahlian yang cukup tinggi, bayarannya ternyata lumayan rendah. Rata-rata gaji asisten dokter hewan berkisar di level US$ 15 per jam.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini