Sukses

Terbaru! Ini 10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Tokyo yang menggenggam titel sebagai kota termahal di dunia harus rela turun tahta. Siapa pemuncaknya kali ini?

Liputan6.com, Jakarta Pamor kota-kota di Eropa sebagai wilayah termahal dunia dalam beberapa tahun terakhir perlahan mulai redup. Kini titel kota termahal dunia justru beralih dalam genggaman negara di kawasan Asia.

Mengutip laporan Economist Inteligent Unit (EIU) bertajuk Worldwide Cost of Living 2014, Singapura kini didaulat sebagai kota termahal dunia menggeser Jepang yang telah bertengger d posisi teratas selama dua tahun terakhir.

Singapura mampu memimpin di posisi teratas meninggalkan kota besar Eropa seperti Paris, Oslo, Zurich. Di kawasan Asia Timur, Singapura juga dianggap lebih mahal dibandingkan Australia.

Dalam pemeringkatan kal ini, EIU menggunakan instrumen penelitian dengan membandingkan harga barang dan jasa seperti makanan, pakaian, transportasi, sekolah swasta.

Sebagai perbandingkan 131 kota di dunia, EIU menggunakan basis data standar hidup New York, Amerika Serikat.

Singapura yang memiliki luas wilayah lebih kecil dari New York, dilaporkan mengalami pertumbuhan harga rumah relatif tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan ini tak terlepas dari bertambahnya jumlah orang kaya dan masuknya pekerja asing.

Langkah ekspansi dari perusahaan keuangan multinasional telah membawa para eksekutif dan pekerja dengan jabatan tinggi bekerja di Singapura. Bahkan pendapatan para ekspatriat Singapura ini lebih tinggi dibandingkan Hong Kong.

Editor EIU, Jon Copestake menilai naiknya status Singapura ini terutama dipicu berlanjutnya penguatan nilai tukar dolar Singapura.

"Namun hal ini diikuti naiknya harga-harga yang tak diragukan lagi dipicu ketergantungan yang tinggi pada impor," katanya.

Ongkos kendaraan umum di Singapura saat ini juga tercatat lebih mahal 3 kali lipat dibandingkan New York. Tak hanya itu, harga jual baju bermerek dari perusahaan Eropa juga dijual lebih mahal di Singapura.

Untuk memiliki kendaraan, warga Singapura maupun ekspatriat harus merogoh uang lebih banyak untuk proses pendaftaran. Bahkan biaya ini dua kali lipat dari harga jual mobil.

"Dibandingkan negara lain, harga mobil berada di level astronomi," kata Ekonom Credit Suisse Group AG, Michael Wan.

Berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia:

1. Singapura
Indek WCOL: 130

2. Paris
Indek WCOL: 129

3. Oslo
Indek WCOL: 128

4. Zurich
Indek WCOL: 125

5. Sydney
Indek WCOL: 120

6. Caracas
Indek WCOL: 118

7. Jenewa
Indek WCOL: 118

8. Melbourne
Indek WCOL: 118

9. Tokyo
Indek WCOL: 118

10. Kopenhagen
Indek WCOL: 117.

(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini