Sukses

Ukraina Perang, Bagaimana Nasib Ekonomi RI?

Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina telah mengguncang perekonomian dunia.

Liputan6.com, Jakarta Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina telah mengguncang perekonomian dunia. Sebab kondisi ini mulai memberikan sentimen ke pasar hingga nilai tukar mata uang negara berkembang. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa mengakui konflik Ukraina berpotensi memicu ketidakstabilan ekonomi global. Namun khusus bagi Indonesia dinilai tak akan signifikan terdampak.

"Kalau itu menjadi konflik tidak terkendali, pasar dan rupiah akan cenderung terganggu karena ketidakstabilan global jadi meningkat," ujarnya, Rabu (5/3/2014).

Menurut dia, Amerika Serikat (AS) tak akan mempertaruhkan pertumbuhan ekonomi negaranya hanya untuk mengurusi Ukraina.

Hal ini yang membuat dampak bagi Indonesia juga tak besar. Apalagi Ukraina bukan merupakan 20 negara tujuan utama ekspor negara ini.

"Kalau negara sekecil itu (perang), mereka cuma akan mengganggu atau merisikokan ekonomi mereka sendiri," tutur dia.

Dia mengakui, perang Ukraina justru akan menurunkan harga minyak dunia dan Indonesia. Itu karena permintaan melambat. Kalau mereka punya ekspektasi ekonomi global jatuh gara-gara konflik itu, permintaan cenderung turun," pungkas Purbaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini