Sukses

Hatta Rajasa Bersyukur Miliarder Bertebaran di Indonesia

"Kalau semakin banyak orang kaya baru, kita senang dan bersyukur. Kehadiran mereka supaya bisa membantu yang lemah,"

Liputan6.com, Jakarta Majalah keuangan terkemuka dunia Forbes mencatat 19 miliarder asal Indonesia layak masuk dalam daftar 1.645 orang terkaya duni 2014. Para miliarder ini tercatat memiliki harta kekayaan hingga puluhan triliun rupiah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengaku bersyukur Indonesia mampu melahirkan orang kaya yang mampu menyamai debut miliarder lain dari luar negeri. Dirinya juga menanggapi positif makin banyaknya orang kaya di tanah Air.

"Kalau semakin banyak orang kaya baru, kita senang dan bersyukur. Kehadiran mereka supaya bisa membantu yang lemah," ungkap dia usai Rapat Koordinator (Rakor) Pangan di kantornya, Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Sayangnya Hatta enggan berkomentar banyak dengan potensi pajak yang bisa diperoleh pemerintah dari orang-orang kaya tersebut. Hatta hanya berkomentar seluruh pajak baik yang berasal dari miliarder maupun rakyat biasa akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

"Seluruh pajak memang untuk APBN. Mana ada pajak yang tidak masuk APBN," pungkas dia.

Seperti diketahui, Forbes menemukan 1.645 miliarder pada tahun ini. Angka tersebut terbanyak sepanjang sejarah. Dari jejeran orang terkaya tersebut, 19 diantaranya berasal dari Indonesia.

Mengutip laman Forbes, kemarin, pengusaha rokok Djarum dan perbankan R. Budi Hartono masih memegang gelar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Kekayaannya tercatat mencapai US$ 7,6 miliar atau setara Rp 88,4 triliun (kurs: 11.631 per dolar AS).

Di kancah internasional, Budi berhasil menempati posisi ke-173. Sementara di posisi kedua, Michael Hartono yang bergerak di bidang bisnis yang sama mencetak total kekayaan hingga US$ 7,3 miliar atau Rp 84,9 triliun.

Nama pribumi lain yang berhasil merebut salah satu tahta orang terkaya di dunia adalah Chairul Tanjung. Bos media yang satu ini berhasil naik hingga ke posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini