Sukses

RI Sesumbar Jembatan Selat Sunda Bakal Kalahkan Malaysia

Malaysia lebih dulu meresmikan proyek jembatan yang kini menjadi salah satu yang terpanjang di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) digadang akan mengalahkan Jembatan Penang Kedua (Second Penang Bridge) milik Malaysia. Jembatan Penang ini merupakan yang terpanjang se-Asia Tenggara dan baru saja diresmikan oleh Perdana Menteri Malaysia.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa usai Rakor Pangan di kantornya, Jakarta, Rabu (5/3/2014). Dia mengakui, panjang JSS akan mengalahkan Jembatan Penang. "Kalau JSS jadi, bisa lebih panjang. (Jembatan) Penang mah tidak ada apa-apanya," tegas dia.

JSS rencananya akan membentang sepanjang 29 kilometer (km) dengan investasi pembangunan sekitar Rp 200 triliun. Sedangkan Jembatan Kedua Penang yang dibangun senilai 4,5 miliar Ringgit Malaysia (RM) memiliki panjang 23,5 km.    

Meski masih dalam perdebatan, Hatta yakin proyek JSS tetap akan berjalan. Namun untuk merealisasikan rencana tersebut, pemerintah memang masih harus berpikir keras menyelesaikan masalah pendanaannya.

"JSS bukan berarti berhenti karena kemarin saya sudah minta agar dilaporkan segera sampai di mana kekuatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membiayai studi kelayakan sekitar Rp 1 triliun," terangnya.

Hatta mengakui, megaproyek jembatan ini memang takkan mampu berjalan tanpa bantuan BUMN atau pihak swasta. "JSS tidak akan dianggarkan dalam APBN. Jadi kita tidak punya pilihan," pungkas Hatta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini