Sukses

BI: Cadangan Devisa Februari Meningkat

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan cadangan devisa pada akhir Februari 2014 berada di level US$ 102 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia memastikan bahwa Cadangan Devisa (Cadev) Indonesia untuk bulan Februari mengalami peningkatan dibandingkan Januari 2014. Peningkatan dipicu mulai masuknya arus dana asing (capital inflow) yang lebih tinggi daripada biasanya.

"Ternyata capital inflow Indonesia sampai akhir Februari itu lebih besar dari sepanjang tahun 2013, kita selama dua bulan ini lebih besar, tentu ini yang berpengaruh bagi cadangan devisa kita," kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (6/3/2014).

Meski enggan memberikan nilai rinci dari kenaikan, Agus hanya menyebutkan posisi Cadev pada akhir Februari berada di kisaran US$ 102 miliar.

Data BI mencatat, arus masuk dana asing dalam dua bulan terakhir mencapai Rp 36 triliun. Perolehan tersebut berasal dari pembelian Surat Utang Negara (SUN) dan masuknya dana asing ke instrumen saham.

Pencapaian di dua bulan pertama 2014 ini terbilang cukup baik mengingat net inflow pada periode sama setahun sebelumnya hanya Rp 28 triliun.

Disamping masuknya dana asing, Agus mengatakan peningkatan Cadev juga dipengaruhi kinerja ekspor-impor Indonesia yang menunjukkan angka positif dalam beberapa bulan terakhir. "Ini ada confiden terhadap kondisi Indonesia," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.