Sukses

Kenaikan BBN Diprediksi Ikut Dongkrak Harga Mobil

Rencana pemerintah menaikkan tarif bea balik nama (BBN) kendaraan pada April 2014 diprediksi ikut mempengaruhi harga jual mobil tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Rencana pemerintah menaikkan tarif bea balik nama (BBN) kendaraan pada April 2014 diprediksi ikut mempengaruhi harga jual mobil tahun ini.

Menurut Operating General Manager MMC Marketing Division PT KRama Yudha Tiga Berlian Motors Duljatmono, di sela-sela peluncuran Mitsubishi New Pajero V6 Gasoline mengatakan pemerintah pada April 2014 berencana menaikkan tarif BBN sebesar 5%.

"Kenaikan ini mempengaruhi harga jual mobil baru yang juga naik," jelas dia di Jakarta, Jumat (7/3/2014).

Dia mencontohkan, harga tunggangan terbarunya New Mitsubishi Pajero Sport V6. Harga kendaraan ini dibanderol Rp 481 juta dengan berpatokan pada tarif BBN tahun 2013.

Harga akan berubah saat kendaraan ini dijual sesaat setelah pemerintah menaikkan BBN pada April nanti. Namun dia mengaku belum bisa menjelaskan perkiraan harga baru untuk New Pajero Sport V6 beserta persentase kenaikan harga dari produk Mitsubishi lainnya tersebut.

Hal ini disebabkan nominal BBN di tiap daerah berbeda-beda sehingga masih menunggu daftar tarif BBN setelah kenaikan di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.