Sukses

5 Alasan Lebih Mudah Cari Kerja Saat Masih Berkarir

Mencari pekerjaan di tempat lain saat sedang mengantongi kontrak kerja di satu perusahaan jauh lebih mudah dibandingkan saat menganggur.

Liputan6.com, New York Mencari pekerjaan di tempat lain saat sedang mengantongi kontrak kerja di satu perusahaan ternyata jauh lebih mudah dibandingkan saat masih menganggur. Berbagai keunggulan dikantongi para pegawai yang sudah lebih dulu menjalani dunia karir.

Seperti dikutip dari Career Realism, Selasa (11/3/2014), para pegawai yang tengah berkarir tak akan terlalu kesulitan untuk memperoleh pekerjaan baru. Itu lantaran dirinya mengetahui seluk beluk untuk masuk ke sebuah perusahaan.

Tak hanya itu, perasaan gugup yang biasanya mengacaukan proses melamar kerja hampir tidak pernah dirasakan para pegawai berpengalaman.

Berikut lima alasan mengapa para pegawai lebih mudah mencari pekerjaan saat sedang berkarir:

1. Tidak gugup saat wawancara

Menjelaskan mengapa Anda pindah kerja selalu akan terasa sulit saat sedang diwawancara. Tapi tetap saja, ada celah positif yang bisa dimanfaatkan.

Jika Anda sedang dalam posisi bekerja, bisa mengatakan sedang mencari tantangan baru. Sementara itu, Anda juga menjelaskan, pekerjaan yang tengah digeluti tidak memberikan tantangan yang diharapkan.

2. Anda punya banyak rekan profesional

Anda tak bisa meremehkan kekuatan memasang jaringan pertemanan. Semakin panjang rantai pertemanan, semakin mudah Anda mencari kerja.

Seseorang yang bekerja di satu perusahaan bisa saja menawarkan pekerjaan yang lebih baik ditempatnya. Jika Anda tidak senang dengan pekerjaan saat ini dan mencari karir baru, bertemanlah.

3. Punya cukup uang

Tak peduli seberapa bencinya pada pekerjaan, faktanya Anda masih bekerja dan bisa menghasilkan uang. Dengan begitu, Anda memiliki cukup dana saat sedang mencoba melamar ke berbagai tempat.

4. Lebih percaya diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penentu saat mencari kerja. Jika Anda merupakan pekerjaan tetap, tentu Anda lebih bersemangat dan percaya diri saat melamar di tempat baru. Mungkin Anda tidak begitu menyadarinya, tetapi rasa percaya diri tumbuh begitu saja dalam diri. Tapi ingat, jangan menjadi pribadi yang angkuh.

5. Punya pengalaman

Faktanya, saat sudah bekerja, Anda mengantongi banyak pengalaman dibandingkan para pelamar lain yang tidak pernah berkarir. Pengalaman dapat menjadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki para calon pegawai lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini