Sukses

RI Segera Nikmati Minyak Produksi Pertamina dari Alzajair

Indonesia segera menikmati minyak mentah hasil produksi Pertamina dari lapangan Alzajair sebesar 600 ribu barel.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia segera menikmati minyak mentah hasil produksi PT Pertamina (Persero) dari lapangan Alzajair sebesar 600 ribu barel.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, lifting perdana dari blok migas hasil akuisisi Aljazair dijadwalkan tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 27 Maret 2014.

"Minyak mentah sebanyak 600 ribu barel tersebut akan diolah di kilang Balikpapan," kata Ali di Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Selain mendapatkan lifting, , Aljazair Pertamina meraup laba bersih dari operasi Blok 405A sekitar US$ 24 juta pada 2013.
Menurut dia, Pertamina akan terus melanjutkan pertumbuhan anorganiknya dengan melakukan aksi merger dan akuisisi blok minyak, baik di dalam maupun luar negeri.

"Untuk kepentingan bisnis perusahaan, juga dalam rangka mendukung ketahanan energi nasional. Fokus utama Pertamina adalah pada negara-negara yang memiliki sumber daya migas melimpah dan sudah berproduksi," ungkapnya.

Dalam rangka menjaga ketahanan energi, Ali mengungkapkan Pertamina juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia teknologi kilang, UOP LLC, anak perusahaan Honeywell yang berbasis di Amerika Serikat.

"Kerjasama pada tahap awal untuk melaksanakan Bankable Feasibility Study untuk Rencana Induk Pengembangan Kilang Pertamina yang akan menjadi landasan bagi modernisasi kilang-kilang Pertamina yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kilang," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini