Sukses

Berbagi Rute Terbang, Garuda Indonesia Makin Lengket dengan Malaysia Airlines

Malaysia Airlines selama ini terbang dari dan ke Jakarta sebanyak 49 kali dalam seminggu.

Liputan6.com, Kuala Lumpur Di tengah musibah menghilangnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370, Garuda Indonesia bersama maskapai Malaysia itu memutuskan untuk tetap melanjutkan perjanjian codeshare antar keduanya  guna melayani rute penerbangan Kuala Lumpur dan Jakarta.

Untuk diketahui, pernjanjian codeshare adalah perjanjian bisnis penerbangan diantara dua maskapai untuk berbagi penerbangan pada rute yang sama. Perjanjian tersebut memungkinkan akses yang lebih besar menuju berbagai kota melalui jaringan sebuah maskapai tanpa perlu menyediakan penerbangan tambahan.

Seperti dikutip Buying Business Travel, Rabu (12//3/2014), Malaysia Airlines selama ini terbang sebanyak 49 kali per minggu dari dan ke Jakarta. Dengan penerapan codeshare ini, penerbangan dari dan ke Jakarta dapat meningkat hingga 63 kali per  minggu.

Tak hanya rute penerbangan Jakarta dan Kuala Lumpur , kedua maskapai tersebut juga berpotensi untuk memperluas rute penerbangannya. Kemungkinan, perjanjian codeshare juga diterapkan untuk tujuan lain di Indonesia seperti Medan dan Denpasar.

Untuk mempromosikan codeshare tersebut, MAS kini menawarkan biaya penerbangan ke Jakarta mulai dari 504 ringgit atau Rp 1,75 juta (kurs: Rp 3.479 per ringgit) untuk kelas ekonomi dan 1.802 ringgit atau Rp 3,76 juta untuk kelas bisnis. Semua biaya tersebut sudah termasuk pajak.

Lewat perjanjian codeshare, kedua maskapai diharapkan mampu menciptakan jaringan lebih sederhana karena memungkinkan para penumpang memesan satu tiket untuk penerbangan dengan beberapa pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.