Sukses

Genjot Produksi Minyak, Chevron Beli Gas dari Pertamina

PT Chevron Pacific Indonesia membeli 58,57 tbtu gas dari PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, Talisman Ltd, Pacific Oil and Gas. Ltd.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjembatani enam perjanjian jual beli gas (PJBG) dengan total volume kontrak mencapai  915,22 triliun british thermal unit (tbtu).

Plt. Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko mengatakan, komitmen kontrak ini akan terealisasi apabila infrastruktur penyaluran gas tersedia.

“Infrastruktur yang minim kerap menjadi kendala penyaluran gas padahal dari sisi persediaan sudah siap,” kata Widjonarko, dalam penandatanganan enam PJBG, di City Plaza, Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Dari enam PJBG yang ditandatangani, salah satunya yaitu pembelian gas 58,57 tbtu oleh PT Chevron Pacific Indonesia dari PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, Talisman Ltd, Pacific Oil and Gas. Ltd. Rencananya gas tersebut akan digunakan untuk membantu lifting minyak di Sumatera. 

Perjanjian lainnya yaitu pasokan gas untuk pabrik pupuk di Jawa Timur, kelistrikan di Kalimantan Timur, industri petrokimia di Sulawesi dan dua perjanjian lainnya untuk industri dan sektor kelistrikan di Batam.

“Semua pasokan gas dalam 6 PJBG ini diperuntukkan bagi domestik,” ujar Widjonarko.

Menurut Widjonarko, alokasi gas bumi untuk domestik terus meningkat rata-rata 9% per tahun semenjak 2003. Pada 2013 lalu alokasi gas untuk domestik mencapai 3.774 miliar British thermal unit per hari (BBTUD) atau sebesar 52,1% dari total penyaluran gas.

"Angka ini meningkat tahun 2012 saat alokasi gas untuk pasar domestik sebesar 3.550 BBTUD atau 49,5 persen dari total penyaluran gas," ungkapnya.

Tahun ini alokasi gas bumi untuk domestik kembali naik. Sesuai kontrak 2014, alokasi gas bumi untuk konsumen domestik adalah sebesar 3.782 BBTUD atau 52,7 persen dari komitmen kontrak.

Berikut perusahaan yang melakukan PJBG tersebut adalah:

1. PT PGN (Persero) membeli 50 BBTUD dari Conoco Philips Grissik dalam waktu 15 tahun

2. PT PGN (Persero) membeli 12 BBTUD dari CPGL dalam waktu 15 tahun

3. PT Chevron Pacific Indonesia membeli 58,57 TBTU dari PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang, Talisman Ltd, Pacific Oil and Gas. Ltd.

4. PT Petrokimia Gresik membeli 85 MMSCFD dari Husky CNOOC Madura Ltd.

5. PT PLN (Persero) membeli 2,33 BBTUD dari Total E&P Indonesia Inpex Corporation.

6. PT Panca Amara Utama membeli 55 MMSCFD dari PT Pertamina Hulu Energi Tomori Sulawesi,  PT Medco E&P Tomori Sulawesi, dan Tomori E&P Limited.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.