Sukses

Laurene Powell, Janda Steve Jobs yang Makin Tajir Berkat Disney

Kekayaan US$ 14 miliar membawa janda Steve Jobs jadi wanita terkaya dunia. Harta itu tak hanya diraup dari Apple, tapi juga dari Disney.

Liputan6.com, California - Bos Apple super legendaris, Steve Jobs meninggalkan seorang istri yang ternyata juga sukses menyabet gelar miliarder versi Forbes. Adalah Laurene Powell Jobs, janda Jobs yang kini didaulat memiliki total kekayaan senilai US$ 14 miliar atau Rp 159,3 triliun (kurs: Rp 11.381 per dolar AS).


Hidup sebagai seorang janda tak menumpulkan kemampuan lulusan Stanford University ini untuk berbisnis dan bergerak di bidang sosial. Terbukti, melalui pergolakan sahamnya di Disney dan Apple, Laurene berhasil naik 25 peringkat ke posisi 73 sebagai orang paling kaya di dunia.

Sepeninggal Jobs, duka janda tiga anak ini tak serta merta menghilang. Selama satu tahun setelah ditinggal sang suami, Laurene masih terlihat murung.

Namun demikian, meski masih memakai cincin pernikahannya dengan Jobs, isu Laurene tengah berkencan dengan mantan walikota Washington berhembus cukup kencang. Dia dikabarkan telah menjalin hubungan asmara dengan politisi tersebut.

Berikut kisah kehidupan Janda Steve Jobs, Laurene Powell seperti dikutip dari Forbes, Daily Mail, dan Huffington Post, Kamis (13/3/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jiwa sosial


Pengusaha berjiwa sosial tinggi

Laurene Powell Jobs lahir di New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada 6 November 1963. Tumbuh sebagai wanita yang cerdas, Laurene meraih gelar sarjana seni/ilmu pengetahuan dari  University of Pennsylvania Wharton School.

Dia lantas melanjutkan kuliahnya dan berhasil meraih status master di bidang bisnis administrasi, Stanford Graduate School of Business. Jiwa berbisnis dan sosialnya tumbuh saat mengenyam ilmu di Stanford.

Dengan kemampuannya sendiri, Laurene mendirikan dan memimpin Emerson Collective, sebuah organisasi yang fokus menggunakan dorongan wirausaha guna menggenjot reformasi sosial. Dia juga aktif memperjuangkan reformasi di bidang imigrasi.

Sementara di bidang bisnis, dia merupakan anggota direksi Ozy media dan juga aktif bergerak di dunia investasi. Selain itu, Laurene juga mengantongi sejumlah saham di Apple dan Disney.

 

3 dari 6 halaman

Menikah dengan Steve Jobs


Pertama kali bertemu hingga menikah dengan Steve Jobs

Laurene pertama kali bertemu dengan bos Apple, Steve Jobs saat pria yang lantas menjadi suaminya itu tengah memberikan sambutan di Standford University. Kala itu, Laurene yang duduk di deretan terdepan berhasil menarik perhatian Jobs.

Setelah acara usai, Jobs yang tengah terduduk di balik kemudi mobil melihat Laurene berjalan di tempat parkir. Tanpa pikir panjang dia lantas mengajak Laurene untuk makan malam bersama.

Laurene menerima ajakan Jobs dan keduanya sejak saat itu, keduanya semakin dekat. Pada 18 Maret 1991, dalam sebuah seremoni singkat Steve dan Laurene melangsungkan pernikahannya di Ahwahnee Hotel, Yosemite National Park.

4 dari 6 halaman

Rindu Steve Jobs

Menjanda dan Rindu Steve Jobs setiap hari

Dari pernikahannya bersama salah satu miliarder terkaya di dunia itu, Laurene dikaruniai tiga anak yaitu Erin Siena Jobs, Reed Jobs, dan Eve Jobs. Namun sayang, ibu tiga anak itu harus menjadi single parent setelah sang suami yang sangat legendaris di bidang teknologi, Steve Jobs tutup usia karena diserang kanker pada 2011.

Setelah 20 tahun menikah dan hidup bersama Jobs, Laurene kini harus membesarkan anak-anaknya sendiri. Setelah Jobs meninggal pada 2011, butuh waktu hingga dua tahun sampai akhirnya wajah Laurene muncul untuk pertama kalinya di layar televisi dalam sebuah wawancara eksklusif dengan sebuah media lokal.

Dalam tanya jawab tersebut, Laurene mengaku sangat kehilangan suami sekaligus ayah dari ketiga putra dan puterinya tersebut. Pada kesempatan tersebut, Dia mengatakan, bersama tiga anaknya selalu merindukan sosok Jobs setiap hari karena ketangguhannya sebagai pebisnis dan kehebatannya memimpin keluarga.

 

5 dari 6 halaman

Janda terkaya dunia


Janda terkaya di dunia, dari mana harta Laurene?

Meski selama 20 tahun mengarungi rumah tangga dengan salah satu orang terkaya di dunia, tapi Laurene bukanlah wanita yang hanya berpangku tangan menerima kucuran harta dari sang suami. Dia juga dikenal sebagai pebisnis wanita dan investor handal yang terlibat dalam berbagai usaha.

Laurene merupakan pemegang saham terbesar di Disney. Bahkan total sahamnya di Disney berjumlah tiga kali lipat lebih besar dibandingkan kepelimilikannya di Apple, perusahaan yang didirikan sang suami, Steve Jobs.

Wanita berusia 50 tahun ini juga memimpin Laurene Powell Jobs Trust di mana dia mengelola lebih dari 130 juta saham di sebuah perusahaan hiburan. Berkat keahlian bisnsinya, tahun ini Forbes kembali mencatat Laurene sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia.

Dengan total kekayaan senilai US$ 14 miliar atau Rp 159,3 triliun (kurs: Rp 11.381 per dolar AS). Hanya dalam kurun waktu setahun, dia mampu menanjak 25 peringkat ke posisi 73 tahun ini.

Lewat harta yang dimilikinya, dia juga menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Sementara di AS, dia menjadi miliarder terkaya ke-32.

6 dari 6 halaman

Punya pacar baru?

Pakai cincin pernikahan, Laurene digosipkan punya kekasih baru

Setelah dua tahun ditinggalkan sang suami, kabar mengenai Laurene yang telah memiliki kekasih baru berhembus kencang. Meski masih mengenakan cincin pernikahan bertahtakan berlian yang diberikan Steve Jobs, dia digosipkan telah menemukan tambatan hati yang baru.

Dia dikabarkan berkencan dengan mantan walikota Washington, Adrian Fenty. Kabar tersebut merebak setelah Fenty mengumumkan rencana perceraiannya dengan wanita yang telah dinikahinya selama 15 tahun.

Laurene dan Fenty dikabarkan pertama kali bertemu pada sebuah konferensi pendidikan pada 2011 dan menjalin hubungan yang cukup dekat sejak saat itu. Namun kenyataannya, hingga saat ini, Laurene masih belum terlihat menggandeng pria lain setelah ditinggal Steve Jobs untuk selama-lamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini