Sukses

Bukan Cuma Jokowi, 4 Hal Jadi Pemicu Membaiknya Dunia Usaha

Membaiknya dunia usaha tidak hanya tergantung pada presiden terpilih nantinya, tetapi tergantung empat komponen.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani menyatakan, membaiknya dunia usaha tidak hanya tergantung pada presiden terpilih nantinya, tetapi tergantung empat komponen.

Pernyataan Franky menanggapi pencalonan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden pada ajang Pemilihan Umum 2014.

Dia menyatakan, kalaupun Jokowi terpilih menjadi Presiden, kalangan pengusaha tidak begitu saja lega dengan hasil tersebut. Pasalnya ada hal lain yang akan mempengaruhi perekonomian nasional.

"Kalau kita lihat pertama ini dengan pencapresan Jokowi selesai, yang harus dilihat tentu kita menunggu legislatif," kata dia saat berbincang kepada Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Dia menyebutkan, faktor pertama yang akan mempengaruhi dunia usaha adalah pemilihan pendamping presiden. Kemudian pemilihan para menteri yang menjalankan kabinet tersebut.

"Yang pertama kita lihat siapa pasangannya, karena tidak bisa menggantungkan individu. Kedua itu siapa kabinetnya. Jadi dua ini penting karena Presiden tidak mungkin kuat tanpa pendukungnya," ungkap dia.

Faktor ketiga yang mempengaruhi iklim dunia usaha adalah parlemen yang terpilih. Pasalnya, periode kabinet ini parlemen dan kabinet seriing tidak selaras, sehingga kebijakan-kebijakan kabinet terkadang terganjal parmen.

Sedangkan faktor terakhir adalah kontrol masyarkat, pemberitaan media bisa mempengaruhi iklim dunia usaha.
"Kontrol masyarakat, itu juga harus aktif mengekritik kepemimpinan yang salah," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.