Sukses

Sebut Anak Mengidap Kanker, Seorang Ibu Raup Rp 238 Juta

Kebohongan sang ibu bahkan berhasil meyakinkan sang anak bahwa dirinya mengidap kanker.

Liputan6.com, Colorado Ambisi memiliki uang banyak sering membuat orang rela melakukan apa saja seperti dilakukan seorang wanita asal Colorado, Amerika Serikat (AS), Sandy Nguyen. Demi mendapat uang banyak dalam waktu singkat, Nguyen nekat berbohong dengan mengatakan anaknya menderita kanker ganas.

Akal bulus wanita inipun berhasil menarik simpati dari masyarakat sekaligus menggalang dana sumbangan dalam jumlah besar.

Seperti dikutip dari Fox News, Minggu (16/3/2014), Nguyen mengumbar kebohongan dan mengataka puteranya yang masih berusia 6 tahun diserang kanker. Dari berbagai komunitas amal dan sekolah, dia lantas berhasil menggalang dana dan  memperoleh uang lebih dari US$ 25 ribu atau Rp 283,9 juta (kurs Rp 11.356/US$).

Nguyen memang lihai dalam melancarkan tipuannya. Dia berhasil keluarga dekat dan sejumlah komunitas bahwa puteranya itu memang tengah diserang kanker parah. Lebih parah lagi, Nguyen juga telah membuat puteranya itu percaya bahwa dirinya mengidap kanker

Sebagai modusnya, Nguyen berdalih puteranya telah menjalani pemeriksaan sejak September 2012 dan membutuh dana untuk berobat.

Setelah semua dana terkumpul, alih-alih menggunakannya untuk mengobati sang anak seperti yang diperkirakan semua pihak, Nguyen justru menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang.

Tanpa tahu apa yang sedang terjadi, pihak keluarga juga ikut menikmati dana sumbangan itu. Dari seluruh dana sumbangan yang diterimanya, uang senilai US$ 16 ribu atau Rp 181,7 juta digunakan untuk berlibur bersama keluarga ke Disney.

Namun aksi penipuan Nguyen ini lambat laun mulai tercium pihak berwajib. Kepolisian Araphoe County, tempatnya tinggal, berhasil meringkus Nguyen. Atas peristiwa tersebut, wanita tersebut bisa dikenai hukuman denda antara US$ 20 ribu hingga US$ 99 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.