Sukses

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Pertama Langsung ke Eropa

Terhitung 30 Mei 2014, maskapai Garuda Indonesia menerbangi rute Jakarta - Amsterdam.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kembali mengudara ke Eropa. Terhitung 30 Mei 2014, maskapai ini menerbangi rute Jakarta - Amsterdam dan terhubung ke rute internasional London Gatwick, mulai 8 September 2014.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia tbk Emirsyah Satar mengatakan, pengoperasian layanan penerbangan nonstop Jakarta – Amsterdam seiring bergabungnya maskapai ini dalam aliansi global SkyTeam terhitung 5 Maret 2014.

“Bergabungnya Garuda Indonesia dengan SkyTeam menjadikan Amsterdam yang merupakan salah satu hub terbesar SkyTeam sangat strategis bagi Garuda. Amsterdam akan menjadi gerbang baru bagi para penumpang Garuda yang hendak melanjutkan penerbangannya ke destinasi-destinasi beyond Eropa, terutama ke sebanyak 1,064 kota tujuan di 178 negara di seluruh dunia yang dilayani oleh maskapai-maskapai anggota SkyTeam,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/3/2014).
 
Selain itu, dia mengatakan, pengoperasian layanan penerbangan langsung tersebut merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas kepada para pengguna jasa ke Eropa melalui layanan penerbangan nonstop tercepat antara Jakarta – Amsterdam, dengan durasi penerbangan di bawah 14 jam.

Dengan pengoperasian layanan ini, Garuda Indonesia menjadi satu-satunya maskapai yang memiliki layanan penerbangan nonstop dari Indonesia ke Eropa.
 
Penerbangan langsung dan nonstop tersebut akan dilayani pesawat terbaru Boeing 777-300ER yang mampu terbang hingga 15 Jam atau menempuh jarak 14.490 km tanpa henti.

Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan rute Jakarta – Amsterdam dengan satu persinggahan di Abu Dhabi dengan menggunakan pesawat Airbus A330-200.
 
Dengan pengoperasian penerbangan langsung Jakarta – Amsterdam, maka selanjutnya rute Jakarta – Abu Dhabi akan dilayani melalui kerjasama codeshare dengan Etihad Airways sebagai tindak lanjut dari codeshare agreement antara kedua maskapai penerbangan yang ditandatangani pada Oktober 2011 lalu.
 
Berkaitan dengan rencana penerbangan  langsung Jakarta – Amsterdam tersebut, maka rencana awal Garuda Indonesia untuk membuka penerbangan langsung Jakarta – London pada tahun ini akan mengalami perubahan.

Garuda Indonesia sebelumnya berencana mengoperasikan penerbangan non-stop Jakarta – London mulai Mei 2014.
 
Namun demikian, sesuai dengan komitmennya untuk melayani penerbangan dari dan menuju London, Garuda Indonesia tetap akan mengoperasikan rute penerbangan tersebut melalui hub Amsterdam, mulai 8 September 2014, menggunakan pesawat Boeing 777-300ER, dan bukan melalui layanan kerjasama dengan salah satu maskapai anggota aliansi SkyTeam.
 
Rute penerbangan tersebut akan terkoneksi dengan layanan penerbangan non-stop Jakarta – Amsterdam, sehingga rute awal Jakarta – London disesuaikan menjadi Jakarta – Amsterdam – London.

Penyesuaian rute penerbangan tersebut akan memberikan kenyamanan lebih bagi para pengguna jasa yang berencana untuk mengunjungi beberapa kota sekaligus di Eropa dalam satu perjalanan.

Namun demikian, mengingat keterbatasan slot berkaitan dengan masa “peak season” di musim “summer” dan berkaitan dengan adanya penyesuaian penerbangan langsung Jakarta – Amsterdam, maka Garuda Indonesia baru akan melayani penerbangan dari dan menuju London pada 8 September 2014.
 
Garuda Indonesia akan melayani rute penerbangan langsung Jakarta – Amsterdam maupun Jakarta – Amsterdam – London sebanyak lima kali setiap minggunya, dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi  Business Class, dan 268 kursi Economy Class.
 
Seiring dengan keanggotaan Garuda Indonesia dalam aliansi global SkyTeam, maka penumpang Garuda Indonesia juga dapat melakukan pemesanan tiket untuk perjalanan ke seluruh destinasi di Eropa maupun Amerika yang dilayani oleh maskapai-maskapai anggota aliansi, seperti Air Europa, Air France, Alitalia, Delta Air Lines, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, TAROM, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.