Sukses

Harga Emas Bisa Kembali Berkilau karena Presiden Ini

Harga emas yang sempat anjlok hingga 28% pada tahun lalu memang masih belum menunjukkan kemilaunya hingga kini.

Liputan6.com, New York Harga emas yang sempat anjlok hingga 28% pada tahun lalu memang masih belum menunjukkan kemilaunya hingga kini.

Namun, emas diprediksi masih memiliki peluang besar untuk mengalami peningkatan. Itu karena munculnya kekhawatiran pecah perang di Ukraina akibat aksi bergabungnya salah satu wilayah negara ini, Krimea ke Rusia.

"Untuk saat ini, ketakutan akan perang di Rusia telah mereda. Tapi belum menghilang, kekhawatiran itu hanya berkurang, dan rasa takut itulah yang akan mendorong harga emas naik ke posisi puncak," ungkap pengamat ekonomi dan politik, Dennis Gartman, seperti dikutip dari CNBC, Rabu (19/3/2014).
 
Menurut dia, hanya ada satu orang yang memiliki pengaruh terbesar pada pergerakan harga emas saat ini, yaitu Presiden Rusia Vladimir Rutin. Semakin tinggi ketegangan di Ukraina, maka semakin tinggi pula harga emas melambung. 
 
Sebaliknya, Gartman menjelaskan, jika tekanan perang di Ukraina mereda, maka harga emas akan serta merta ambruk.
"Setiap serangan yang dilancarkan Rusia ke Ukraina sangat mungkin mendorong naik harga emas," ujarnya.
 
Tentu saja, Gartman juga menyinggung tahun ini sebagai waktu yang cukup baik untuk pergerakan emas. Sejauh ini, harga emas telah meningkat 13,3%.
 
Jika logam mulia ini terus melanjutkan peningkatannya, emas dapat menembus level terbaiknya sejak 1985 pada kuartal pertama 2014.
 
Melalui kenaikannya, harga emas telah berada di jalur penguatan terbesar sejak kuartal-III 2007. Meskipun telah meningkat cukup baik tahun ini, tapi Gartman memandangnya hanya akan terjadi dalam jangka pendek. 
 
"Perubahan keputusan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) tidak akan berpengaruh banyak terhadap emas. Kekhawatiran soal itu tak akan menyetir harga emas. Itu lantaran harga-harga saham menguat tetap akan menekan harga emas," tutur dia.
 
Meski demikian, dalam jangka panjang Gartman menilai harga emas akan tetap positif. Sejumlah faktor tetap akan menjadi sentimen yang konstruktif bagi pergerakan harga emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.