Sukses

Indonesia Bangun Terminal Bandara Pertama di Atas Air

Terminal baru ini akan menambah kapasitas penumpang yang dimiliki Bandara Ahmad Yani menjadi 4 juta orang per tahun.

Liputan6.com, Jakarta Industri kebandarudaraan Indonesia kembali membuat prestasi baru. PT Angkasa Pura I rencananya akan membangun terminal di Bandara Udara (Bandara) Achmad Yani, Semarang  yang berdiri diatas tanah rawa tanpa merusak ekosistem yang ada dibawahnya. 

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha mengatakan, konsep pembangunan terminal diatas air ini merupakan yang pertama kali di terapkan di Indonesia. Hal ini diharapkan terminal tersebut menjadi ramah terhadap lingkungan.

"Pembangunan ini nantinya nggak mengganggu lingkungan. Ini menjadi yang pertama di Indonesia," ujarnya saat berbincang dengan wartawan di NAM Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/3/2014).

Dengan 90% lokasi pembangunan berada di atas rawa, proses konstruksi terminal bari ini akan menjadi lebih rumit dibandingkan dengan peluasan dibeberapa bandara yang telah dilaksanakan.

"Ini nggak semudah pengembangan di Bali (Bandara Ngurah Rai) dan Surabaya (Bandara Juanda). Pembangunan ini seperti tol Bali yang dibangun di atas laut," jelasnya.

Perluasan bandara yang diperkirakan memakan investasi mencapai Rp 1,5 triliun ini akan menambah kapasitas penumpang mencapai 4 juta orang per tahun. Saat ini, kapasitas penumpang yang bisa ditampung Bandara hanya sebanyak 800 ribu orang dengan jumlah penumpang 3,5 juta orang.

"Kami mau kembangkan sampai 4 juta penumpang. Bandara kalau mau untung malah harus sampai 5 juta," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini