Sukses

Pelabuhan Teluk Lamong Siap Beroperasi Mei 2014

Pelabuhan Teluk Lamong di Surabaya, Jawa Timur akan mulai beroperasi Mei 2014.

Liputan6.com, Jakarta Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur akan mulai beroperasi Mei 2014. Kehadiran pelabuhan ini diharapkan dapat memperlancar arus pengiriman barang dan mengurangi jumlah antrean di pelabuhan.

"Baru Teluk Lamong, Mei sudah beroperasi," kata Direktur Keuangan Pelindo III, Wahyu Suparyono, usai penandatanganan Nota Kesepahaman Pembayaran Tagihan Jasa Kepelabuhan Sistem Host to Host dengan BNI, Rabu (19/3/2014).

Selain pembangunan pelabuhan baru, pihaknya juga akan mengoptimalkan pelayanan pelabuhan dengan cara intensifikasi yakni produktivitas bongkar muat barang. Ia mencontohkan, salah satu yang dilakukan folderisasi di pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah.

Selain itu, pihaknya meningkatkan pelayanan di Surabaya, Jawa Timur. Hal itu dilakukan agar kapal besar dapat masuk ke pelabuhan sehingga pihaknya akan melakukan pendalaman alur.

"Tentu dengan izin pemerintah kami akan gali. Di wilayah Surabaya masih minus 9 meter kami akan gali sampai 14 meter agar kapal besar dapat masuk. Mudah-mudahan bisa selesai tahun ini," ujar Wahyu.

Proyek pembangunan terminal multi purpose Teluk Lamong menelan investasi Rp 2,2 triliun.  Keberadaan terminal Teluk Lamong sebagai sarana perluasan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, pelabuhan ini juga dapat menjadi pengungkit dalam percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi baik Jawa Timur dan kawasan Indonesia Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.