Sukses

Speedometer Buatan Negeri Bollywood ini Bisa `Bicara`

Tak hanya mobil, speedometer ini juga bisa digunakan di kendaraan roda dua.

Liputan6.com, Jakarta Ajang International Auto Parts Accessories & Equip Exbhition (INAPA) 2014, menghadirkan berbagai aksesoris kendaraan terbaru yang unik dan canggih. Salah satu aksesoris unik yang dipamerkan kali ini adalah speedometer buatan Negeri Bollywood, India.

Keunikan dari alat pencatat kendaraan ini terletak pada kemampuannya mengeluarkan suara sebagai peringatan bagi para pengendaranya.

Selain kemampuan bicara, alat yang diberi nama talking speedometer, ini juga bisa memberi informasi melalui tulisan pada layar LCD. Informasi yang disampaikan berupa peringatan jika kondisi mobil menghadapi masalah seperti bensin habis, oli, saringan udara yang tersumbat, tekanan angin dan lainnya.

"Pada dasarnya teknologi pada speedometer ini bisa digunakan untuk mobil apa saja, namun untuk saat ini baru diaplikasikan pada mobil Mahindra dan traktor untuk pertanian," jelas Ikhsan Sentosa, Sales and Marketing PT Pricol Surya, distributor dari talking speedometer ini Kamis (20/3/2014).

Tak cuma kendaraan roda empat, program pada speedometer ini bisa juga diaplikasikan pada sepeda motor. Meski diakui, alat ini akan terasa kurang efektif karena suaranya tidak akan terdengar jika motor sedang melaju.

Pihaknya menambahkan, speedometer buatan Pricol ini sudah banyak digunakan di berbagai sepeda motor, seperti Harley Davidson, Kawasaki, Suzuki, hingga pada motor bebek lansiran terbaru honda yaitu New Revo Fi.

Talking Speedometer dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.