Sukses

Dahlan Sumringah Laba BUMN Tercapai,Tapi Bingung Soal Dividen

Dari target yang ditetapkan sebesar Rp 150 triliun, BUMN berhasil mencetak laba hingga Rp 150,7 triliun di 2013.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sumringah perolehan laba perusahaan-perusahaan BUMN nasional pada 2013 mencapai target.

Dari target yang ditetapkan sebesar Rp 150 triliun, BUMN berhasil mencetak laba hingga Rp 150,7 triliun.

"Target Rp 150 triliun dan tercapai Rp 150,7 triliun, kita surprise juga," ujar dia usai Rapim di PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Graha Mandiri, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2014).

Dahlan mengaku, sebenarnya agak pesimistis dengan pencapain ini akibat ketidakstabilan ekonomi Indonesia pada tahun lalu. Kenyataannya, kinerja BUMN masih cukup menggembirakan.

"Jadi tidak menurunkan semangat untuk maju, meski ekonomi ada gejolak, ada masalah dolar rupiah, perkiraan kita tidak tercapai karena ada masalah ekonomi yang berat dan PLN ada masalah berat, tapi ternyata tercapai," lanjut dia.

Namun yang menjadi pemasalahan saat ini adalah target yang dibebankan APBN 2014, di mana pemerintah menargetkan penerimaan negara dari dividen BUMN sebesar Rp 40 triliun.

"Cuma ini masalah yang dividen Rp 40 triliun bagaimana, karena Freeport hampir pasti tidak bisa bayar, nggak tahu harus dicari dari mana, kan dividen Rp 40 triliun ini termasuk Rp 1,5 triliun dari Freeport. Kekurangan dari PLN dan Freeport belum tahu. Dividen itu kan dari laba, tapi kan PLN rugi," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini