Sukses

3 Tanda Anda Harus Jeda Beristirahat Saat Bekerja

Tak jarang banyak karyawan yang bekerja di hari minggu dan tak memiliki banyak waktu istirahat di hari kerja.

Liputan6.com, New York Sebagai karyawan, pernahkan merasa telah bekerja terlalu berlebihan?. Bisa jadi Anda bekerja melebihi kapasitas dan kemampuan pribadi atau tuntutan atasan yang terlalu banyak. Hati-hati, itu bisa menjadi salah satu tanda Anda harus segera beristirahat.

Seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (27/3/2014), tak jarang banyak karyawan yang bekerja di hari minggu dan tak memiliki banyak waktu istirahat di hari kerja. Kondisi tubuh yang terlalu lelah tidak baik bagi karir dan kesehatan pribadi.
 
Bahkan perlu waktu hingga berminggu-minggu untuk mengembalikan rasa antusias, kreativitas dan motivasi yang hilang karena terlalu lelah bekerja. Apapun kendalanya, kadang Anda memang harus beristirahat untuk membangkitkan stamina tubuh Anda. 
 
Berikut tiga tanda harus berhenti bekerja sementara dan beristirahat:
 
1. Mudah marah dan tersinggung 
 
Kadang Anda merasa tersinggung dan emosi tanpa alasan yang jelas. Stres yang kronis memang bisa membuat Anda lebih cepat marah. Dalam sejumlah kasus ekstrim, satu-satunya cara untuk keluar dari kondisi tersebut adalah dengan beristirahat.
 
2. Berat badan bertambah atau berkurang secara drastis
 
Jika Anda merasa berat badan Anda berubah-ubah dengan cepat, itu merupakan salah satu tanda Anda bekerja terlalu berat. Normalnya, dalam sehari berat badan Anda hanya dapat berkurang 1%.
 
Sementara saat sedang stres atau terlalu lelah bekerja, Anda jarang menyadari seberapa banyak atau sedikit makanan yang dikonsumsi.
 
Jika Anda mengalami peningkatan atau pengurangan berat badan secara drastis, tekanan di kantor bisa menjadi salah satu alasannya. Pastikan Anda beristirahat dan berkonsultasi ke dokter untuk menyembuhkannya.
 
3. Jantung berdetak lebih cepat
 
Sebelum tidur,  cobalah untuk menghitung denyut nadi Anda. Banyak cara di internet yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah detak jantung Anda normal atau tidak.
 
Jika hasilnya menunjukkan detak jantung Anda terus bertambah cepat dari hari ke hari, tidur merupakan salah satu jalan keluar untuk menurunkannya. Dalam kondisi parah, sebaiknya Anda mengambil cuti dan berhenti bekerja sementara waktu.
 
Anda juga bisa bekunjung ke tempat-tempat yang mampu mengurangi tingkat stres Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini