Sukses

BI Prediksi Inflasi Maret 2014 Sebesar 0,1%

Bank Indonesia memperkirakan inflasi akan berada di kisaran 0,1% pada Maret 2014.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi akan berada di kisaran 0,1% pada Maret 2014. Angka inflasi itu masih sejalan dengan prediksi BI.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menjelaskan, prediksi yang dikatakannya itu berdasarkan dari survei pemantaun pasar yang dilakukan BI.

"Inflasi dari survei pemantauan harga sampai minggu ketiga 0,1% di bulan ketiga ini , jadi year on year nya 7,3%. Itu berdasarkan minggu ketiga kemudian kami asassment estimasi untuk keseluruhan bulan," ungkap Perry saat ditemui di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Perry menjelaskan, hal itu sesuai dengan target dan perkiraan sebelumnya. Dalam bulan kedua dan ketiga pada 2014,  tren inflasi terus menurun jika dibandingkan pada Januari 2014.

Menurut Perry, penurunan tren inflasi itu didorong faktor utama penggerak inflasi yaitu harga pangan masih dapat terkendali.

"Ini menentukan bahwa memang tren inflasi menurun terus berlanjut, harga pangan masih terkendali, stok masih cukup, dampak kenaikan gas tidak terlalu besar, bahkan nilai tukar depresiasi juga tidak berpengaruh," kata Perry.

Bank Indonesia sendiri hingga akhir tahun masih konsisten dengan memperkirakan inflasi akan berada di angka 4,5% plus minus 1%.

"Kami sudah assesment dampak yang ada, dalam perkiraan kami sudah memasukkan faktor gangguan distribusi, juga kenaikan tarif listrik industri, dimana kenaikan listrik memiliki kontribusi inflasi sebesar 0,2%," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini