Sukses

Berlian dari Tempat Sampah Jadi Kalung Termahal Dunia

Kalung bertahtakan berlian seberat 637 karat ini dijual seharga US$ 55 juta atau Rp 627,5 miliar.

Liputan6.com, New York - Perhiasan mewah seringkali sukses menggoda mata para wanita dan mendorongnya untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar agar bisa memperoleh keindahannya. Bagi Anda yang tak pernah takut mengeluarkan uang demi menggenggam perhiasan impian, kalung L'Incomparable merupakan salah satu perhiasan yang patut dicoba.

Tak hanya emas dan berlian yang berkilau di kalung tersebut, tapi harganya ternyata juga mampu menyilaukan mata para peminatnya. Tak tanggung-tanggung kalung bertahtakan berlian seberat 637 karat ini dijual seharga US$ 55 juta atau Rp 627,5 miliar (kurs: Rp 11.410/US$).

Harganya yang setinggi langit akhirnya berhasil menembus rekor dunia dan membuatnya dinobatkan sebagai kalung termahal di dunia. Perusahaan pembuat kalung tersebut, Mouawad mengantongi sertifikat Guinness World of Record pada 9 Januari 2013.

Tapi siapa sangka, berlian yang dijadikan mata kalung itu ternyata ditemukan seorang gadis miskin Afrika di tumpukan sampah. Berikut kisahnya hingga L'Incomparable mampu menjadi kalung termahal dan memecahkan rekor dunia seperti dikutip dari situs resmi Mouawad, Guinness World of Record, Daily Mail, dan Daily News, Jumat (28/3/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ditemukan di Tempat Sampah


Ditemukan anak Afrika di tempat sampah

Pada 1980, berlian L'Incomparable berbentuk telur yang menjadi mata kalung termahal dunia itu ditemukan seorang gadis cilik asal Kongo.

Saat itu dia tengah bermain di halam rumah pamannya di Mbuji Mayi, Kongo. Ironisnya, berlian asli bernilai tinggi itu ternyata ditemukan di bawah tumpukan reruntuhan bangunan.

Tak akan pernah ada yang menyangka berlian seberat 890 karat itu tersembunyi di balik puing-puing bangunan yang terlihat seperti sampah. Sejumlah pegawai MIBA Diamond Mine mengatakan, batu tersebut terlalu besar untuk disebut berlian.

Tapi paman gadis cilik itu sangat yakin benda tersebut merupakan berlian asli dan bernilai tinggi. Dia lantas menjualnya ke sebuah toko berlian lokal Afrika untuk harga yang tidak diketahui.

 

3 dari 6 halaman

Dipoles Selama Empat Tahun


Sebelum dipoles dan dihaluskan, batu berlian yang ditemukan gadis cilik Afrika itu tercatat memiliki berat 890 karat. Butuh waktu hingga empat tahun untuk membersihkan batu berlian berbentuk telur tersebut.

Pembeli berlian lokal itu lantas menjualnya pada sekelompok pembeli asal Kinshasa, Kenya. Berlian itu lantas dibeli De Beers dan Sir Philip Oppenheimer.

Tak berhenti sampai disitu, Presiden Central Selling Organisation dan Direktur De Beers pada Zale Coporation, perusahaan perhiasan yang berbasis di Dallas. Harganya terus meningkat sampai akhirnya batu berlian indah itu dipamerkan di National Museum of National History dan tampak juga di sejumlah museum lainnya.

Hingga saat ini, identitas gadis cilik penemu berlian seberat 890 karat itu masih belum diketahui.

 

4 dari 6 halaman

Diproduksi Mouawad


Kemewahan berlian L'Incomparable yang diproduksi Mouawad

Kalung berlian L'Incomparable seberat 637 karat diproduksi perusahaan pembuat barang mewah, Mouawad. Batu permata seberat 18 karat menghiasi rantai kalung bermata berlian itu.

Berlian berwarna kuning kecoklatan 407,48 karat itu dengan pancaran keindahannya itu merupakan yang terbesar yang pernah ada. Sementara batu permata yang berkilau cantik disekitar berlian tercatat sebesar 229,52 karat.

Kalung L'Incomparable dihiasai banyak berlian dengan potongan yang bervariasi. Ukiran pada batu berlian tersebut terlihat sangat indah dan cantik. Pada kalung tersebut, terdapat 35 batu berlian, 27 berlian berbentuk pir, 9 berlian berbentuk hati, 5 potongan berlian emerald, 4 berlian berbentuk oval dan 5 berlian lainnya.

 

5 dari 6 halaman

Pecahkan Rekor Dunia


Harga kalung berlian L'Incomparable pecahkan rekor dunia


Perusahaan perhiasan mewah, Mouawad Group lantas mengubah berlian tersebut menjadi kalung yang indah nan berkilau. Tak tanggung-tanggung, kalung tersebut dibanderol seharga US$ 55 juta atau Rp 627,5 miliar.

Alhasil, kalung berlian tersebut berhasil memecahkan rekor dunia dan tercatat di dalam Guinness Book of World Records. Wajar saja, terdapat sekitar 90 berlian putih menghiasi berlian seberat hampir 230 karat tersebut.

Perusahaan barang mewah yang berbasis di Swiss itu memang telah beberapa kali mencatatkan namanya sebagai pemecah rekor dunia. Tas cantik bernama `1001 Nights Diamond Purse` juga sukses menjadi tas termahal di dunia pada 2010.

6 dari 6 halaman

Dilarang Menyentuh

Cuma calon pembeli potensial yang boleh menyentuhnya

Pada Oktober 2013, kalung termahal di dunia, L'Incomparable dihadirkan dalam sebuah pameran perhiasan bergengsi di Singapura. Tak hanya dipamerkan, dalam kesempatan itu, Mouawad juga menjual kalung cantik penuh kemilau tersebut.

Meski demikian tak semua orang boleh menyentuh barang berharga itu. Hanya para pembeli potensial saja yang boleh mencoba perhiasan termahal di dunia itu.

Dalam pameran tersebut, L'Incomparable diproteksi oleh sekelompok tentara, pengawas khusus, sejumlah kamera dan alat pendeteksi gerak. Dua calon pembeli dari Asia terlihat menunjukkan minta yang sangat besar.

Tentu saja, Anda kalung bertahtakan emas berlian ini bisa menjadi salah satu koleksi Anda dengan membayarnya senilai Rp 627,5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini