Sukses

Mulai Langka, Harga Jengkol Melonjak di Pasar

Jengkol mulai langka di pasar mendorong harganya naik sekitar Rp 5.000 per kilo gram di pasar induk.

Liputan6.com, Jakarta Penikmat makanan terutama jengkol harus berpikir ulang untuk mengonsumsi jengkol, lantaran harganya naik di pasar tradisional.

Didik (41), salah satu pedagang Pasar Kebayoran Lama menuturkan, harga jengkol sudah tinggi ketika membeli dari pasar induk Kramat Jati. Ia harus merogoh kocek sekitar Rp 26 ribu-Rp 27 ribu per kilo gram (kg). "Jadinya saya jual sekitar Rp 30 ribu per kg," tutur Didik kepada Liputan6.com, Senin (31/3/2014).

Menurut Didik, penjualan jengkol dibagi dua. Bila jengkol ukuran besar dijual senilai Rp 30 ribu per kg. Kalau jengkol ukuran kecil sekitar Rp 28 per kg. Biasanya dia membeli jengkol sekitar Rp 21 ribu-Rp 22 ribu per kg. Menurut Didik, harga jengkol naik karena pasokan jengkol sulit didapatkan.

"Dua hari ini naik. Kosongnya dari seminggu yang lalu. Saya sampai tiga hari saya tidak  bawa. Begitu ada langsung naik," ujar Didik.

Selain jengkol, sayur brokoli juga sulit ditemui. Kartini (33) menuturkan, selama seminggu ini, dirinya sulit untuk mencari brokoli. Oleh karena itu, ia pun harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli brokoli. Kini ia membeli brokoli sekitar Rp 20 ribu per kg. Sebelumnya ia hanya membayar Rp 10 ribu-Rp 13 ribu per kg.

"Sudah lama tidak ada. Kemarin-kemarin kosong, ini ada tapi mahal," tutur Kartini.

Berikut pantauan harga bahan pokok oleh liputan6.com:

Cabai rawit merah Rp 70 ribu per kg

Cabai rawit hijau Rp 35 ribu per kg

Cabai keriting merah Rp 18 ribu per kg

Bawang merah Rp 15 ribu per kg

Bawang putih  Rp 16 ribu per kg

Daun baun bawang Rp 10 per kg

Terong Rp 8 ribu per kg

Buncis Rp 10ribu per kg

Kol Rp 6 ribu per kg

Wortel Rp  8 ribu per kg

Tomat Rp 5 ribu per kg

Sawi Rp 5 ribu per kg

Pare Rp 8 ribu per kg

Kentang Rp 10 ribu per kg

Timun Rp 5 ribu per kg

Kacang panjang Rp 10 ribu per kg

Brokoli Rp 20 ribu per kg

Jengkol Rp 30 ribu per kg

Oyong Rp 8 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.