Sukses

Fokus Garap Mobil Hijau, Mitsubishi Singkirkan Evo X

Keputusan ini diambil Mitsubishi untuk membidik title sebagai pemimpin di pasar mobil listrik.

Liputan6.com, Tokyo - Mobil ramah lingkungan memang menjadi fokus produsen-produsen otomotif, tak terkecuali Mitsubishi. Sebab itu, perusahaan asal Jepang itu dikabarkan akan menghentikan produksi Lancer Evolution X tahun ini demi memuluskan jalan untuk menggarap ‘mobil hijau’.

Mitsubishi Lancer Evolution X merupakan mobil empat pintu yang dirilis pada 2007 dan masih eksis hingga saat ini. Perusahaan bukannya enggan melempar versi penyegaran, bocoran-bocoran pun tersingkap, tapi belum hingga kini belum ada model terbaru dari sedan empat pintu itu.

Dilansir Motorauthority, yang ditulis Rabu (2/4/2014), akhir tahun ini seluruh kegiatan produksi dari Evo X akan dihentikan. Kemudian, seluruh sumber daya yang ada akan dimanfaatkan untuk fokus menggarap mobil ramah lingkungan daripada mobil cepat.

Menurut laporan media asal Negeri Sakura, Nikkan Jidosha Shimbun, keputusan ini diambil Mitsubishi untuk membidik title sebagai pemimpin di pasar mobil listrik.

Di sisi lain, Mitsubishi bukannya enggan melepas varian baru dari Evo. Namun perusahaan masih mempertimbangan teknologi mesin yang cocok untuk dibenamkan pada Evo. 

Pesaing senegaranya, Nissan, diharapkan akan merilis sedan GT-R hibrid. Selain itu, Toyota juga akan membangkitkan Supra dengan menggendong mesin yang sama. Dengan kondisi tersebut, Mitsubishi akan mempertimbangkan pemilihan mesin hibrid untuk Evo teranyar.

Untuk diketahui, Mitsubishi Lancer Evolution X merupakan mobil di segmen sedan yang ditopang mesin 4BT11T turbocharged berkapasitas 2,0 liter, berfitur all-alumunium inline-4 GEMA. Dengan spek yang digendongnya, Lancer Evolution X mampu menyemburkan tenaga 276 horse power (HP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini