Sukses

Tulungagung Jadi Pemasok Terbesar Ikan Lele dan Patin di Jatim

Tulungagung menjadi salah satu daerah pemasok terbesar ikan lele dan patin di Jawa Timur sehingga mampu memenuhi kebutuhan di Indonesia.

Liputan6.com, Tulungagung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat produksi ikan lele dan patin di kabupaten Tulungagung, Jawa Timur yang besar mampu mencukupi kebutuhan kedua ikan tersebut di Indonesia.

Saat ini kabupaten Tulungagung menjadi salah satu sentra budidaya ikan tersebut. Ikan lele dan patin ini menjadi komoditas unggul selain ikan gurame dan ikan hias.

"Bisa dikatakan kabupaten Tulungagung merupakan sentra budidaya di Jawa Timur (Jatim)," ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, KKP, Slamet Soebijakto, melalui keterangan tertulisnya, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (2/4/2014).

Menurut Slamet, produksi lele dan ikan patin dari Tulungagung, Jawa Timur yang besar dapat mencukupi kebutuhan  di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari produksi lele dan patin cukup besar dari Tulungagung.

Produksi lele mencapai 9.764,95 ton pada 2013 dari periode 2012 sebesar 9.374,21 ton. Sedangkan produksi ikan patin mencapai 2.456,63 ton pada 2013, atau 68,08% dari total produksi di Jawa Timur. Akan tetapi, produksi patin ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 4.948,65 ton.

Slamet menambahkan, ikan patin dan lele bernilai ekonomis telah memberikan kontribusi pendapatan bagi masyarakat. Total transaksi untuk budidaya ikan lele dan patin ini mencapai Rp 3 miliar.

"Ini membuktikan budidaya perikanan sudah bankable dan menjanjikan tingkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Oleh karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan berupaya meningkatkan produksi ikan lele dan patin melalui pengembangan insfrastruktur meliputi jalan produksi, saluran air dan jaringan listrik. Lebih dari itu, ia juga mengharapkan dukungan dari lembaga lain seperti PLN, Kementrian Pekerjaan Umum (PU) dan perbankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini