Sukses

Lonjakan Harga Suku Cadang Picu Klaim Asuransi Kendaraan Naik

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia menyatakan klaim asuransi kendaraan terus mengalami peningkatan karena harga suku cadang yang terus naik.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyatakan klaim asuransi kendaraan terus mengalami peningkatan karena harga suku cadang yang terus meningkat.

Ketua Departemen Statistik, Informasi, dan Analisa AAUI Dadang Sukresna mengatakan, klaim asuransi kendaraan bermotor menunjukan peningkatan sejak tiga tahun terakhir.

Pada 2011 mencapai Rp 4,3 triliun, 2012 mencapai Rp 5 triliun dan 2013 meningkat 24,4% menjadi Rp 6,3 triliun.

"Klaim asuransi kedaraan bermotor meningkat terus," kata Dadang, dalam laporan kinerja industri asuransi tahun 2013, di Kantor AAUI, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Dadang menambahkan, selain klaim bruto asuransi kendaraan bermotor, premi bruto juga mengalami peningkatan. Pada 2011, premi bruto asuransi kendaraan bermotor mencapai Rp 10,2 triliun, kemudian naik di 2012 menjadi Rp 11,5 triliun dan 2013 meningkat 15,99% menjadi Rp 13,4 triliun.

Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor mengungkapkan, premi bruto asuransi kendaraan bermotor terus meningkat, karena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun.

"Kalau kendaraan bermotor sudah jelas meningkat karena peningkatan jumlah kendaraan  meningkat ," tuturnya.

Sedangkan penyebab klaim asuransi kendaraan meningkat disebabkan Kenaikan harga suku cadang yang mengikuti kurs dolar  dan jasa bengkel.

"Berkaitan langsung dengan peningkatan jumlah klaimnya. Karena jasa-jasa bengkel meningkat dari tahun ketahun ini mengakibatkan salah satu unsur itu meningkat. Spare part mengalami aparesiasi kurs," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini