Sukses

Bumi Resources Keruk 90 Juta Ton Batu Bara Tahun Ini

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menargetkan produksi batubara tahun ini mencapai 90 juta ton,

Liputan6.com, Jakarta PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menargetkan produksi batu bara tahun ini mencapai 90 juta ton. Sementara dari sisi harga, perusahaan milik keluarga Bakrie ini memperkirakan tidak akan mengalami kenaikan.

"Harga tidak terlalu beda dengan tahun lalu." kata Sekretaris Perusahaan PT Bumi Resources Tbk, Dileep Srivastava,  usai menghadiri RUPSLB di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Dileep memprediksi harga batu bara tahun ini masih berkisar US$ 80-US$ 90 per ton. Menurut dia, stabilnya harga batu bara dipengarhui pasar batu bara di China.

"Tahun lalu harga batu bara US$ 90 per ton. Revenue tergantung harga," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Bob Kamandanu sebelumnya menyatakan produksi batu bara di Indonesia memang terus meningkat di tengah penurunan harga. Produksi batu bara Indonesia dapat meningkat hingga 425 juta ton tahun ini.

Pemerintah Indonesia berencana menghentikan produksi batu bara di level 400 metrik ton guna mencegah penurunan harga lebih lanjut. Laporan Morgan Stanley menunjukkan pasokan batu bara global akan melebihi permintaan masyarakat hingga 4,9 juta metrik ton tahun ini.

"Pemerintah sejauh ini telah meminta para penambang untuk membatasi produksinya, tapi belum ada peraturan khusus yang diberlakukan mengenai pembatasa tersebut," ungkap Bob.

Dia memperkirakan produksi batubara tahun ini dapat melampaui level 400 juta ton jika pemerintah tidak mengeluarkan peraturan yang mengatur pembatasan tersebut serta sanksi bagi perusahaan-perusahaan yang melebihi batas produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.