Sukses

Tol Listrik Sumatera Sudah Tersambung di Oktober 2017

PT PLN Persero berencana akan membangun saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) 500 kv mulai dari Muaraenim hingga Medan melalui panta

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) menargetkan proyek saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) 500 kilovolt (kV) atau yang disebut tol listrik bakal mulai beroperasi pada Oktober 2017. Transmisi sepanjang 1.000 kilometer (km) bakal dialiri listrik dari Muara Enim, Sumatera Selatan hingga Medan, Sumatera Utara.

Menurut Direktur Utama PLN Nur Pamudji menuturkan, sejumlah bos perusahaan BUMN telah merapatkan barisan bersama Gubernur dan Bupati/Walikota yang wilayahnya dilewati kabel listrik tersebut. 

"Semalam Dahlan Iskan undang gubernur, bupati dan direktur BUMN karya. Kumpul di Medan. Akan bangun sutet 500 kV," kata Direktur Utama PLN,  Nur Pamudji, Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Rencananya survei pembangunan akan dimulai pada Mei tahun ini dan menghabiskan waktu selama tiga bulan. Baru setelah masa survei  berakhir, masuk ke tahap pengerjakan yang diperkirakan selesai pada Oktober 2017.

"Kami sudah mendapat dukungan dari gubernur dan bupati setempat," terang dia.

Proyek transmisi tersebut diperkirakan bakal menelan biaya sebanyak Rp 10 triliun. Perusaaan listrik pelat merah itu menyerahkan urusan pendanaan ke BUMN Karya dan bank.


"Kendala cuma di izin lahan. Selama ini proses pembangunan tidak terkendala oleh dana. Dana dikerahkan oleh BUMN karya dan bank."

Selain itu,  kata dia, untuk pembangkit listrik Pangkalan Susu saat ini sudah selesai penggarapannya . Imbuhnya, saat ini sedang masuk tahap pengujian dalam rentang waktu 6 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.