Sukses

Beli Lunas Pesawat Kepresidenan, Gengsi RI Naik

Kemenkeu memastikan pesawat kepresidenan yang baru saja datang dibeli dari anggaran negara secara lunas tanpa dicicil.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pesawat kepresidenan yang baru saja datang Boeing Business Jet 2 (BBJ2) dibeli dari anggaran negara secara lunas tanpa dicicil. Pesawat berkelir biru dan putih ini bakal dinikmati Presiden periode mendatang. 
 
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan pendanaan sejak 2011-2013 untuk membeli pesawat produk hasil usaha patungan Boeing dengan General Electric (GE) tersebut. 
 
"Pendanaannya sudah kita selesaikan 3-4 tahun lalu, sehingga akhirnya Indonesia punya pesawat kepresidenan. Alhamdulillah bisa dibeli lunas karena anggaran sudah disiapkan sejak lama," ungkap dia, Kamis (10/4/2014).
 
Lanjut Askolani, pihaknya belum dapat memastikan soal anggaran yang digelontorkan untuk memboyong BBJ bertenaga kuda itu.
 
Pasalnya itu merupakan anggaran Sekretaris Negara (Sekneg). Menurut informasi, pesawat mewah itu ditaksir serharga US$ 91,2 juta atau sekitar Rp 1,036 triliun (Rp 11.363 per dolar AS).
 
"Saya belum dapat info, tidak tahu anggarannya. Coba di Setneg. Tapi yang jelas Setneg selalu mendiskusikannya dengan DPR setiap tahun," lanjut dia.
 
Dia menilai pembelian pesawat kepresidenan sangat positif bagi bangsa ini. Pasalnya upaya ini dapat menghemat anggaran negara ketimbang harus menyewa setiap tahun.
 
"Pembelian ini sudah dikaji plus minusnya dibanding menyewa setiap tahun karena lebih menghemat," ujar Askolani.  
 
Selain itu, dia mengaku, pembelian pesawat tersebut dapat meningkatkan gengsi Indonesia di mata dunia mengingat BBJ justru lebih banyak digunakan oleh Presiden baru.
 
"Supaya kita punya prestige dan yang bakal pakai lama pesawat ini adalah presiden di periode mendatang," pungkas Askolani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pesawat kepresidenan merupakan transportasi yang digunakan pemimpin suatu negara, untuk menuju ke berbagai daerah dan negara.

    pesawat kepresidenan

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu