Sukses

Studi: Wanita Lebih Pilih Reputasi Ketimbang Uang

Anda pasti sering mendengar istilah cewek matre di mana para wanita digambarkan sebagai kaum yang paling doyan uang dan harta.

Liputan6.com, Texas - Anda pasti sering mendengar istilah cewek matre di mana para wanita digambarkan sebagai kaum yang paling doyan uang dan harta.

Baru-baru ini, hasil studi University of Texas membuktikan wanita ternyata tidak memilih uang dan lebih mempertahankan reputasinya dalam berkarir.

Seperti dikutip dari NPR.com, Kamis (10/4/2014) seorang asisten profesor manajemen di University of Texas, Emily Amanatullah menggelar eksperimen demi menemukan tujuan wanita mengejar karirnya.

Dalam studi tersebut, dia berperan sebagai atasan yang tengah bernegosiasi gaji dengan para partisipannya, pria dan wanita.

Setelah itu, dia meminta para partisipan untuk menegosiasikan gaji orang lain dengan profesi yang sama.

Hasilnya, rata-rata wanita meminta gaji sebesar US$ 7 ribu atau selalu menawar bayaran yang lebih rendah dibandingkan para partisipan pria.

Namun saat diminta menegosiasikan gaji untuk temannya, para wanita meminta bayaran yang jauh lebih tinggi setara dengan permintaan para partisipan lelaki.

"Para wanita lebih memilih reputasinya. Mereka khawatir banyak uang dapat merusak citranya saat berkarir," ungkap Amanatullah.

Dia menjelaskan, para atasan juga lebih memilih bernegosiasi gaji dengan para wanita dibandingkan pria.

Bahkan dalam penelitiannya, ada seorang wanita yang mematok gaji sangat rendah sehingga manajer keuangan harus memastikan berulang kali bahwa jumlah yang dimintanya memang tepat.

Meski demikian, penelitian dari Maggie Neale dari Stanford Business School justru menunjukkan wanita dapat menggunakan keahliannya untuk menawar bayaran yang lebih tinggi.

Amanatullah lantas menyarankan para wanita untuk tetap mempertahankan reputasinya dan tetap mendapatkan bayaran yang layak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini