Sukses

Toyota Lahirkan Mesin Baru yang Lebih Irit

Otot baru yang berhasil dikembangkan Toyota adalah mesin berkapasitas 1,3 liter yang menfaatkan siklus Atkinson dengan kombinasi mesin hybri

Liputan6.com, Tokyo – Sebagai produsen otomotif terkemuka, Toyota terus menelurkan inovasi-inovasi terbaru untuk menjawab kebutuhan konsumen, salah satunya efisiensi. Terkini perusahaan asal Jepang itu mengumumkan mesin baru yang diklaim lebih irit 10% terhadap penggunaan bahan bakar.

Dilansir dari Autocarindia, Minggu (13/4/2014), otot baru yang berhasil dikembangkan Toyota adalah mesin berkapasitas 1,3 liter yang menfaatkan siklus Atkinson dengan kombinasi mesin hybrid.

“Menggunakan siklus Atkinson mampu meningkatkan rasio ekspansi dan mengurangi panas terbuang lewat kompresi tingi dengan rasio (13:5), hasilnya efisiensi termal yang tinggi,” ujar juru bicara Toyota.

Mesin baru juga dikemas dengan port intake yang berbeda dan diklaim mampu memberikan 15% frugal lebih banyak daripada mesin yang digunakan sekarang.
 
Di samping itu, pabrikan juga bekerjasama dengan Daihatsu untuk mengembangkan mesin berkapasitas 1,0 liter. Namun, mesin ini tidak menggunakan siklus Atkinso, namun dikemas dengan port intake serta sistem pendingin EGR dan rasio kompresi tinggi. Menurut Toyota kombinasi yang diterapkan pada mesin baru itu mampu menekan efisiensi penggunaan bahan bakar hingga 30%.

Toyota mengumumkan bahwa mesin baru akan dibenamkan pada model terbaru dan memperkenalkan 14 mesin baru pada 2015.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.