Sukses

Pelindo III Segera Tambah Dermaga Baru di Kupang

Pengoperasian dermaga baru itu tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan arus kunjungan kapal di Pelabuhan Tenau Kupang.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal memiliki dermaga baru pada Mei 2014. Pengoperasian dermaga baru itu tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan arus kunjungan kapal di Pelabuhan Tenau Kupang.

Menurut General Manajer Pelindo III Cabang Tenau Kupang, Hot Rudolf Marihot, arus kunjungan kapal di Pelabuhan Tenau Kupang sepanjang 2013 telah mencapai 2.476 unit kapal dengan berat mencapai 4.272.541 Gross Tonage (GT).

"Langkah ini juga untuk mendorong peningkatan efisiensi biaya logistik khususnya dalam pengiriman barang melalui moda transportasi laut, sehingga diharapkan akan memacu pertumbuhan perekonomian di Kawasan Timur Indonesia," kata Rudloft, di Jakarta, Minggu (13/4/2014).

Pelindo III menargetkan kontruksi dermaga yang dikerjakan oleh kontraktor sudah dapat diselesaikan pada April 2014, sehingga pada  Mei mendatang sudah bisa dioperasikan.

Dengan selesainya pembangunan dermaga baru tersebut, lanjut dia kini Pelabuhan Tenau Kupang akan mampu menampung sedikitnya tujuh unit kapal dengan panjangnya rata-rata 100 meter.

"Sedangkan dermaga baru akan mampu disandari dua kapal sekaligus,” ujar Hot Rudolf Marihot.

Juru bicara Pelindo III Edi Priyanto menuturkan, dermaga baru itu nantinya dirancang dapat melayani jenis kapal Bulk Carrier dengan ukuran maksimum 30 ribu DWT (untuk sisi depan dermaga), Kapal Long Supply Vessel dengan ukuran maksimum 20 ribu DWT (untuk sisi belakang dermaga) dan kapal Bungkering Barge dengan ukuran maksimum 5.000 DWT (untuk sisi kiri dermaga).

“Peningkatan struktur dermaga ini merupakan salah satu ekspansi Pelindo III terhadap pelayanan di Pelabuhan Tenau Kupang dalam upaya meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa kepelabuhanan,” tutur Edi.

Di samping itu, ekspansi ini juga dimaksudkan untuk merespon kerjasama yang terjadi antara Pelindo III dengan PT Saipem untuk aktivitas offshore logistic base. Ekspansi perseroan melalui peningkatan struktur dermaga Pelabuhan Tenau Kupang ini diprediksi akan meningkatkan potensi call kapal PT Saipem sebanyak 683 call per tahun.

"Dengan minimum hasil bongkar muat pipa offshore sebesar 1.228.800 ton per tahun," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini