Sukses

Suku Bunga Kredit Naik di Kuartal II 2014

Survei perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia menghasilkan kesimpulan bahwa semua sektor akan mengalami kenaikan suku bunga kredit.

Liputan6.com, Jakarta Industri perbankan diperkirakan akan menaikkan suku bunga kredit pada kuartal II ini. Semua sektor akan mengalami kenaikan.

Survei Perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, untuk kredit dalam bentuk rupiah, kenaikan tertinggi terjadi pada bunga untuk kredit modal kerja sebesar 20 basis poin menjadi rata-rata 13,53%.

Kenaikan tertinggi kedua dialami oleh suku bunga kredit investasi yang mengalami kenaikan sebesar 11 basis poin menjadi rata-rata 13,04%. Kenaikan tertinggi ketiga adalah suku bunga kredit konsumsi yang mengalami kenaikan sebesar 8 basis poin menjadi rata-rata 14,82%.

Untuk bunga kredit dalam bentuk valuta asing (valas), kenaikan tertinggi terjadi pada bunga kredit investasi sebesar 6 basis poin menjadi rata-rata 6,50%. Tertinggi kedua adalah suku bunga kredit modal kerja yang sebesar 5 basis poin menjadi rata-rata 6,28%.

Sedangkan untuk suku bunga kredit konsumsi dalam bentuk valuta asing tidak mengalami perubahan tetap di level 6,60%.

Khusus untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) juga mengalami kenaikan sebesar 13 basis poin menjadi 12,35%. Sedangkan untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) mengalami kenaikan kenaikan sebesar 19 basis poin menjadi 13,73%.

Survei perbankan merupakan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia kepada 42 bank umum yang berkantor pusat di jakarta. Ke-42 bank ini mempunyai pangsa kredit sekitar 80% dari nilai total kredit bank umum secara nasional.

Bank Indonesia melakukan survei ini untuk mengetahui kebijakan perbankan dalam penyaluran kredit dan penentuan suku bunga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini