Sukses

8 Tips Bertahan Hidup Setelah Lulus Kuliah

Lulus kuliah berarti harus menyiapkan diri menghpadai dunia karier. Ingin bertahan hidup setelah lulus kuliah? Mari simak tips berikut.

Liputan6.com, New York - Lulus kuliah berarti Anda harus menyiapkan diri menghadapi dunia karier. Ingat, dunia karier tak akan semanis dan seindah masa-masa belajar di kampus.

Seperti dikutip dari Business Insider, seperti ditulis Rabu (16/4/2014), terdapat banyak perbedaan yang Anda temui ketika memasuki dunia kerja. Anda akan menerima banyak tuntutan dan harus menuntaskan berbagai pekerjaan.

Tak apa, masa transisi tersebut memang cenderung dianggap sulit oleh para mahasiswa.

Berikut 8 Tips Bertahan Hidup Setelah Lulus Kuliah:

1. Membangun rutinitas

Jangan pernah membuang waktu Anda setelah lulus. Cara terbaik untuk melatih disiplin diri adalah dengan membangun rutinitas pribadi. Anda bisa berolahraga tiga kali seminggu atau mengikuti kursus. Itu merupakan salah satu langkah awal untuk mengatur hidup Anda.

2. Jangan khawatir jika tidak mendapatkan pekerjaan yang diimpikan

Bahkan meski setelah lulus, Anda harus bergelut dengan pekerjaan yang bukan impian pribadi, tak apa-apa. Yang terpenting adalah Anda tetap mendapatkan satu pekerjaan setelah lulus. Ingat, pengalaman kerja sangat membantu Anda memperoleh pekerjaan yang diimpikan.

3. Jangan malu bertanya

Saat memulai kerja pertama kali, jangan pernah takut bertanya. Anda bisa meminta rekan kerja lain untuk mengurus asuransi kesehatan, atau sekadar bertanya mengenai koneksi internet. Saat berada di tempat baru, percayalah rekan kerja Anda akan sukarela membantu memenuhi berbagai keperluan yang dibutuhkan.

4. Hati-hati menggunakan uang

Anda terbiasa memiliki banyak uang saat kuliah selama empat tahun terakhir. Setelah itu, Anda harus belajar mengatur uang lebih baik. Jangan mengeluarkan uang melebihi keperluan Anda. Jika gagal melakukannya, Anda akan terus menerus bergantung pada pekerjaan di kantor.

5. Beradaptasi

Bagi Anda yang mencoba mencari peruntungan di luar kota kelahiran, berusaha untuk hidup normal layaknya tinggal di kampung halaman.

Anda dituntut untuk lebih cepat beradaptasi dan menjelajahi kota tersebut. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui berbagai lokasi layanan umum seperti klinik dokter, pom bensin, dan toko makanan.

6. Hidup sehat

Meski harus menggelontorkan uang dalam jumlah agak besar, jangan takut untuk membeli makanan sehat. Konsumsi makanan yang berkualitas demi menjaga stamina Anda.

7. Serius bekerja

Saat mendapatkan pekerjaan, lakukan dengan serius. Datang tepat waktu dan bekerja dengan baik, Anda akan berhasil bekerja di manapun.

8. Sadari Anda bukan lagi mahasiswa

Setelah menjajaki dunia karir, Anda akan kehilangan banyak waktu Anda. Tentu saja ketika kuliah Anda masih memiliki banyak waktu unuk bekerja. Artinya, ubah sikap Anda dan bekerjalah layaknya orang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.