Sukses

Jepang Bebaskan Visa Buat Turis Indonesia

Liputan6.com, Tokyo Bagi Anda yang ingin berwisata ke Jepang beberapa bulan ke depan, mungkin Anda tak akan lagi membutuhkan visa. Pemerintah dan partai koalisi di Jepang kini tengah membuat kesepakatan untuk membebaskan visa bagi para turis Indonesia sebagai salah satu inisiatif untuk menciptakan negara yang berorientasi pada pariwisata.

Seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu (16/4/2014), pembebasan visa ini tak hanya diberikan pada turis asal Indonesia, tapi juga wisatawan Filipina dan Vietnam. Gagasan itu digulirkan demi menarik lebih banyak turis dari kawasan Asia Tenggara termasuk dari Indonesia.

Pemerintah Jepang memang tengah berupaya mencapai tujuan untuk meningkatkan jumlah turis asing yang berkunjung ke negaranya hingga 20 juta jiwa.

Pemerintah Negeri Sakura itu juga berupaya menjadikan sektor pariwisata sebagai pilar dari salah satu strateginya meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Diantara seluruh negara di Asia Tenggara yang memerlukan visa untuk masuk ke Jepang, Indonesia dianggap sebagai salah satu negara dengan jumlah pengunjung terbanyak.

Tahun lalu, sebanyak 140 ribu wisatawan asal Indonesia datang mengunjungi Jepang bersama dengan 110 ribu turis Filipina dan 80 ribu warga Vietnam.

Dengan pembebasan visa, jumlah wisatawan dari ketiga negara tersebut diprediksi akan meningkat pesat tahun ini. Sementara itu, China masih berada di urutan ke-1 sebagai negara dengan jumlah kunjungan terbanyak ke Jepang di Asia.

Berdasarkan total kunjungan di seluruh Asia, turis dari China, Korea Selatan dan Taiwan memang tercatat paling banyak mengunjungi Jepang.

Maka guna mencapai total kunjungan turis asing sebanyak 20 juta jiwa itu, Jepang harus mengambil langkah-langkah menarik agar para wisatawan semakin berminat mengunjungi negaranya.

Sejauh ini, Badan Pariwisata Jepang mengungkapkan telah membebaskan visa pada para turis dari Korea Selatan, Taiwan, dan 64 negara lainnya di kawasan Asia. Visa itu dibebaskan untuk para turis yang hanya ingin berwisata atau mengunjungi keluarga.

Sementara itu, Korea Selatan yang merupakan pesaing Jepang sebagai tujuan wisatawan asing juga telah menerapkan pembebasan visa untuk menarik lebih banyak turis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.