Sukses

BRI Enggan Beli Bank Mutiara Seharga Rp 3 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku memiliki dana sekitar Rp 3 triliun untuk membeli Bank Mutiara.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengaku memiliki dana sekitar Rp 3 triliun untuk membeli Bank Mutiara. Namun perbankan pelat merah ini enggan menawarkan harga di angka tersebut.

Direktur Keuangan BRI, Achmad Baequni mengungkapkan, pihaknya masih terus mengkaji rencana pembelian eks Bank Century.

"Belum, kami masih mengkaji, kan batas akhirnya saja kapan," ungkap dia ditemui di kantor BPK, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Saat ini, kata Baequni, BRI sedang menghitung harga untuk membeli Bank Mutiara yang belum lama ini di bailout oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pihaknya mengaku telah menyiapkan dana sekitar Rp 3 triliun.

"Temen-temen masih menghitung, belum ke saya. Kami masih mengumpulkan data.
Anggaran Rp 3 triliun tapi berapa kami beli tergantung hasil hitungan, jadi bukan berarti kami menawarkan Rp 3 triliun," tutur dia.

Dia menyebut, selain anggaran, BUMN ini harus menghitung harga beli berdasarkan data-data, contohnya pembelian bank perlu melakukan tahap due diligence.

"Paling nggak dari laporan rugi laba termasuk neracanya, kami bisa lihat earning asset-nya dan harus kita dalami," tukas Baequni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.