Sukses

Kucing Mirip Macan Tutul Hasil Rekayasa DNA Terjual Rp 1,4 M

Liputan6.com, Pennsylvania Para pecinta kucing dengan kekayaan menumpuk biasanya tak ragu menggelontorkan uang dalam jumlah besar hanya untuk mendapatkan hewan peliharaan cantik tersebut. Bahkan demi mendapatkan seekor kucing berbulu cantik, salah seorang penggemarnya rela menghabiskan uang hingga US$ 125 ribu atau Rp 1,43 miliar (kurs: Rp 11.432/US$),

Tak heran, kucing jenis Ashera ini dinobatkan sebagai salah satu hewan peliharaan termahal di dunia. Kucing ini sebenarnya adalah kucing jenis Savannah yang terkenal langka dan istimewa.

Ashera merupakan kucing hasil genetika yang memang sengaja diciptakan untuk memperoleh tubuh cantik pada kucing tersebut. Kisaran harga kucing langka ini biasanya dijual dengan harga rata-rata sebesar US$ 28 ribu atau Rp 320,1 juta.

Selain bulu yang cantik dan jarang ditemukan pada ras kucing manapun, apalagi pemicu tingginya harga Ashera hingga mencapai miliaran rupiah?Berikut gambaran mengenai kucing jenis Ashera dan segala kelebihannya seperti dikutip dari The Born Rich, The richest, dan The Pets for Homes, serta sejumlah sumber lainnya, Rabu (16/4/2014):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rekayasa Genetika

Ashera, lahir dari rekayasa genetika

Hasil uji DNA menunjukkan kucing Ashera sebenarnya adalah kucing jenis Savannah. Meski telah terbukti demikian, para pecinta Ashera tetap setia dan mengagumi kecantikan makhluk hasil rekayasa genetika itu.

Ashera memang bukan ras murni tapi merupakan hasil gabungan gen dari beberapa kucing yaitu kucing rumah biasa, kucing macan tutul Asia dan ras keturunan Afrika. Hasilnya, kucing tersebut bagaikan macan tutul mini yang dikagumi banyak orang.

Meski merupakan hasil genetika, tetapi Ashera memiliki hak cipta tersendiri yang membuatnya tetap biasa hidup. Sayangnya, hanya kalangan berduit saja yang bisa memilikinya mengingat Ashera dijual dengan kisaran harga puluhan juta hingga miliaran rupiah.

 

3 dari 5 halaman

Pencipta ras Ashera

Lifestyle Pets Company, pencipta ras Ashera

Lifestyle Pets Co., merupakan perusahaan bioteknologi yang bertanggungjawab atas penciptaan ras kucing Ashera. Setiap tahunnya, perusahaam tersebut hanya mampu membiakkan lima kucing saja.

Ashera merupakan jenis kucing hypoallergenic atau hewan peliharaan yang tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Namun sejak didirikamn pada 2004, pihak perusahaan masih mengalami keluhan dari para pembelinya bahwa salah satu kucing Ashera ternyata membuat pemiliknya alergi.

Kabarnya, penciptaan jenis Ashera yang baru ini memerlukan biaya US$ 37 ribu per ekor. Tetap saja, harganya jauh lebih mahal daripada kucing biasa. Para penggemarnya harus menyadari, selain bulunya yang indah, Ashera tak jauh berbeda dengan kucing-kucing lain.

 

4 dari 5 halaman

Terjual Rp 1,4 M

Kucing peliharaan jenis Ashera, dijual Rp 1,4 miliar

Seluruh kucing Ashera selalu dijual dengan harga melambung hingga tak mudah untuk memilikinya. Para penggemar kucing bisa memperoleh satu ekor kucing Ashera dengan harga paling rendah US$ 22 ribu atau Rp 251,6 juta.

Sementara kucing Ashera terbaik dengan tubuh menyerupai macan tutul salju dibanderol dengan harga US$ 125 ribu atau Rp 1,43 miliar. Hingga saat ini, pembeli salah satu hewan peliharaan termahal di dunia itu masih dirahasiakan.

Kisaran harga tersebut sangat wajar mengingat kucing Ashera sangat langka dan istimewa serta dikabarkan tidak menimbulkan reaksi alergi. Meski demikian, beberapa konsumen mengklaim telah membayar tapi masih belum menerima kucing Ashera pada waktu yang ditentukan.

 

5 dari 5 halaman

Mirip Macan Tutul

Keunggulan Ashera dibandingkan kucing lain

Ashera merupakan hewan yang sangat eksotis dengan bagian tubuh mirip macan tutul. Kucing ini sudah mulai diperjualbelikan sejak 2007.

Macan tutul mini ini dapat tumbuh dengan berat maksimal sebesar 12 Kilogram. Ashera tidak hanya unggul dalam membendung reaksi alergi tapi juga kucing paling langka di dunia.

Kucing Ashera terkenal sangat cerdas, perasa, mudah diajak berkomunikasi dan setia pada pemiliknya. Dengan keunggulan sebanyak itu, Ashera tidak memerlukan perawatan khusus, sama saja dengan pola pemeliharaan kucing biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.