Sukses

Produksi Rumput Laut RI Kian Terhimpit Proyek Tambang

Pengusaha meminta pemerintah terkait Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memeriksa kembali data hasil produksi rumput laut nasional.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) meminta pemerintah terkait Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memeriksa kembali data hasil produksi rumput laut nasional.

Sebelumnya, KKP mengklaim produksi rumput laut Indonesia tahun 2013 mencapai 8,2 juta ton atau naik sebanyak 9,33% dari yang ditargetkan 7,5 juta ton. Untuk tahun ini, KKP menargetkan 10 juta ton.

Ketua ARLI Safari Aziz mengatakan jumlah itu tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hal ini karena Indonesia lebih banyak mengekspor rumput laut kering serta belum mampu menyerap produksi dalam jumlah besar.

"Data kami tak sampai 7,5 juta ton rumpat laut basah. Kami tak kenal istilah rumput laut basah, tapi rumput laut kering," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Padahal kata dia, pengembangan rumput laut saat ini sedang terganjal dengan sempitnya lahan karena tergeser, seperti sektor pertambangan, energi dan pertambangan.

Safari mencontohkan, seperti halnya rencana pembangunan smalter untuk barang tambang juga pembangkit listrik di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Pembangunan tersebut berpotensi menggeser zonasi aktivitas budidaya rumput laut.

Untuk itu, kata Safari perlunya ada zonasi untuk mengembangkan budidaya rumput laut.

"Adanya zonasi kawasan produksi rumput laut mempermudah pendataan yang lebih akurat dan keberlangsungan produksi tetap terjaga," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini