Sukses

Rupiah Belum Mempunyai Kekuatan

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan melemah hari ini karena belum ada data ekonomi domestik yang mampu menjadi katalisator.

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) diperkirakan masih enggan untuk menunjukkan keperkasaannya pada hari ini.

Menurut data Bloomberg, kemarin, nilai tukar mata uang Garuda terhadap mata uang negara Paman Sam ini ditutup di level Rp 11.438 per dollar AS. Level tersebut melemah dibanding denga penutupan sehari sebelumnya yang berada di level Rp 11.428 per dollar AS.

Pelemahan tersebut tidak berjalan seiring dengan mata uang di kawasan Asia lainnya. Mata uang beberapa negara tetangga justru mengalami penguatan karena optimisme pemulihan ekonomi global.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, ruang pelemahan rupiah masih ada pada hari ini. "Belum adanya data ekonomi domestik yang penting membuat arah rupiah dalam jangka pendek masih akan dipengaruhi perekembangan pasar global," jelas Rangga Cipta, Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia.

Pelaku pasar juga masih menunggu strategi dari partai politik dalam menawarkan calon presiden dan calon wakil presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini