Sukses

Menaikkan Tarif Listrik Industri, PLN Bikin Persiapan Khusus

Kenaikan TTL yang akan berlaku mulai Mei mendatang berbeda dengan kenaikan TTL sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) melakukan persiapan khusus dalam menerapkan kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) Untuk Golongan I 3 Tbk dan I4 yang rencananya berlangsung mulai 1 mei 2014.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, kenaikan TTL yang akan berlaku mulai Mei mendatang berbeda dengan kenaikan TTL sebelumnya.

"Kami akan fokus akan penerapannya saja, penerapan tindak lanjut sesuai Peraturan Menter, bagi PLN agak berbeda penetapatan tarif sebelumnya," kata Benny, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenaga Listrikan Jakarta, Kamis (14/4/2014).

Benny mengaku, untuk kenaikan TTL tahun ini PLN harus melakukan persiapan perhitungan terlebih dahulu. Beda seperti tahun sebelummnya PLN  langsung menaikan tarifnya.

"Baru kali ini kami harus kerja dulu, berhitung dulu, tahun lalu sudah langsung kerjakan saja, penghitungan DPR dan pemerintah," ungkapnya.

Perhitungan tersebut dilakukan berdasarkan faktor besrannya dan pemisahan industri golongan I3 yang terbuka (Tbk) dan tidak Tbk.

"Sekarang kami hitung berbagai faktor, menghitung besarannya, dan kami juga mengenai industri mana Tbk dan non Tbk," tuturnya.

Meski begitu, PLN sudah siap melakukan penerapan kenaikan tarif untuk dua golongan I3 Tbk dan I 4, sesuai denga Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 9 Tahun 2014.

"Kerja cepat kami lakukan. 1 April sudah ditetapakan Permennya, dan 1 Mei harus diterapkan. Lalu billingnya sudah disiapkan pada bulan juni, untuk pembayaran 1 Mei," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini